JAKARTA ( LINTAS PAPUA) – Kompetisi Shopee Liga 1 2019 telah usai. Kompetisi yang menghasilkan Bali United sebagai sang juara pada tahun lalu itu, terbukti mendapatkan animo yang positif dari masyarakat. Jumlah penonton tetap tinggi. Begitu pula dengan jumlah pemirsa di televisi dan beragam platform media.

Menilik hal itu, optimisme yang positif bermunculan saat segera digulirkannya kompetisi 2020. Seperti tahun lalu, kompetisi strata tertinggi di sepak bola nasional itu bertajuk: Shopee Liga 1 2020.

Acara launching atau peluncuran Shopee Liga 1 2020 digelar Senin (24/2/2020) sore WIB di Hotel Fairmont, Jakarta. Dalam launching yang cukup meriah tersebut selain mengadakan jumpa pers, juga digelar parade jersey ke-18 klub peserta, beragam games dan perkenalan bola yang akan dipakai untuk bertanding.

“Kami menyambut baik kembali menjadi sponsor utama Shopee Liga 1. Shopee memiliki semangat untuk bisa mendukung olahraga yang paling digemari di Indonesia ini ke arah yang lebih baik melalui inovasi dan teknologi yang kami miliki,” kata Handhika Jahja, selaku Direktur Shopee Indonesia.

Shopee sendiri akan menghadirkan laman khusus di dalam aplikasi yang bernama “Shopee Liga 1”. Laman khusus ini akan menghadirkan fitur dan layanan ekslusif di antaranya eksklusif full highlight pertandingan, pembelian tiket langsung, ulasan pertandingan, info jadwal pertandingan dan deretan game menarik berhadiah miliaran rupiah seperti Shopee Potong Liga 1, Tebak Juara, Vote pemain favorit dan vote klub favorit.

“Sepak bola Indonesia telah berkembang sebagai industri dan memiliki pasar yang sangat besar. Liga profesional sudah berjalan dengan baik. Sepak bola sudah menjadi tontonan yang menarik. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya jumlah penonton dan viewers di televisi dan tayangan digital. Selamat untuk segera bergulirnya Shopee Liga 1 2020,” jelas Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Kompetisi Shopee Liga 1 2020 akan diikuti 18 klub. Tiga klub berstatuskan sebagai tim promosi. Ketiganya adalah Persita Tangerang, Persik Kediri, dan Persiraja Banda Aceh.

Klub peserta kompetisi telah mewakili hegemoni dari sepak bola Indonesia secara keseluruhan. Mulai dari dari Aceh, Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Banjarmasin, Samarinda, Yogyakarta, Bali hingga Jayapura.

Ada 306 pertandingan yang akan digulirkan selama semusim. Sebagian besar akan bertanding pada weekend atau akhir pekan. Kick off semua pertandingan dimulai pada 15:30 WIB dan 18:30 WIB. Khusus saat Ramadan 1441 H, tayang setiap hari pukul 20:30 WIB.

Menariknya, masa kompetisi Shopee Liga 1 2020 akan memiliki masa recovery time yang lebih ideal, sebab digulirkan selama delapan bulan. Tepatnya mulai pada 29 Februari 2020 hingga 1 November 2020.

Di luar itu, wasit akan menggunakan teknologi tambahan. Di antaranya alat komunikasi wasit, vanishing spray, dan media komunikasi pergantian pemain yang sudah menggunakan papan elektronik.

“Persiapan kami sudah maksimal dan bersiap untuk launching. Kami akan mengelola Liga 1 2020 dengan lebih profesional dan berkualitas. Kami sudah mendapatkan rekomendasi dari Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) dan juga sudah rapat berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Mudah-mudahan, langkah ini bisa membuat sepak bola nasional lebih maju,” jelas Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru, Cucu Somantri.

Sementara itu, PT Surya Citra Media, Tbk (SCM) berbangga dapat memperoleh hak siar Exclusive Liga 1 2020 untuk Free to Air (FTA) dan Over the Top (OTT) dan Online Broadcaster. Dengan demikian, SCM kembali meluaskan siaran Shopee Liga 1 2020 ke penjuru nusantara melalui INDOSIAR & O’Channel, dua televisi teresterial yang mampu menjangkau lebih dari 200 juta pasang mata pemirsa. Sebanyak 188 laga akan ditayangkan secara LIVE exclusive di INDOSIAR dan 38 pertandingan lainnya melalui O’Channel.

Bagi masyarakat yang tidak bisa mengakses FTA karena aktivitas tertentu, dapat mengakses seluruh 306 laga melalui VIDIO sebagai exclusive over the top (OTT) dan Official Online Broadcaster Shopee Liga 1 2020.

Adapun perinciannya adalah 80 pertandingan akan LIVE khusus di VIDIO dan 226 yang ditayangkan Indosiar dan O Channel bisa dinikmati live streaming di VIDIO.

Masyarakat juga dapat menikmati pertandingan yang sudah berlangsung dengan fitur video on demand (VOD), baik highlight maupun full match secara exclusive di VIDIO. VIDIO tersedia di seluruh platform baik dari aplikasi (device smartphone), situs web (www.vidio.com) menggunakan mobile site (device smartphone via browser) atau device desktop, termasuk lewat perangkat Smart TV.

Ragam sajian perkembangan terkini seputar kompetisi serta aneka ulasan berbagai laga juga dapat dinikmati di kanal Bola.com, Bola.net, Liputan6.com dan Merdeka.com.

“Komitmen kami adalah menjadikan sepak bola sebagai tayangan yang mudah diakses serta makin meluas dinikmati masyarakat di seluruh pelosok tanah air”, pungkas Harsiwi Achmad selaku Direktur Programming SCM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here