Foto Bersama Ketua Terpilih BPC KKSS Abepura H. Muhammad Takwin bersama pengurus BPC KKSS Abepura yang demisioner, perwakilan ketua pilar-pilar dan badan otonom serta Panitia Pelaksana SC OC Muscab IV BPC KKSS Abepura. (Irfan /LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Mundurnya satu dari dua bakal calon ketua membuat tokoh Kerukunan Keluarga Daerah Barru (KKDB) H. Muhammad Takwin terpilih menjadi BPC Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Abepura.

Haji Muhammad Takwin terpilih secara aklamasi melalui pemilihan ketua BPC KKSS Abepura periode 2020-2025 dalam Muscab ke-IV yang di gelar di Aula LPTQ Provinsi Papua, Kotaraja, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Minggu (23/2/2020) kemarin.

Awalnya, terdapat tiga bakal calon ketua KKSS Abepura. Namun, satu bakal calon menyatakan mengundurkan diri dalam forum dan satu bakal calon lainnya tidak memenuhi syarat sebagai bakal calon ketua BPC KKSS Abepura. Kedua bakal calon tersebut adalah H. Kumar, S.Ag, S.H, H. Muhammad Haedar Muharram.

Sebelum pemilihan secara aklamasi, seluruh atau dua bakal calon yang memenuhi syarat diberikan kesempatan memaparkan visi misinya di depan para peserta Muscab yang terdiri ketua-ketua atau utusan pilar dan juga badan otonom KKSS yang merupakan pemilik suara dalam Muscab tersebut.

Bakal calon Ketua BPC KKSS Abepura H. Kumar, S.Ag, S.H., terlebih dahulu naik ke podium untuk menyampaikan visi-misinya. Namun, diakhir penyampaian visi-misi, Kumar menyatakan mengundurkan diri. Sedangkan satu bakal calon lainnya, H. Muhammad Haedar tidak menyampaikan visi misinya, karena tidak memenuhi syarat sebagai bakal calon ketua KKSS.

H. Muhammad Takwin mengatakan, dirinya akan melakukan pembenahan pada Badan Pengurus Cabang KKSS Abepura. Ia berharap kedepan KKSS bisa membantu mendorong pemerintah dalam program untuk memajukan Kota Jayapura.

Setelah pemilihan berlangsung, ketua pimpinan sidang langsung membacakan surat keputusan penetapan ketua terpilih, waktu dan tempat pelantikan akan ditetapkan kemudian.

“Kedepan kami akan membuat tim formatur untuk kepengurusan. Langkah-langkah kami akan ambil sebelum pelantikan, kami akan menyusun kepengurusan yang definitif. Dikarenakan kemarin-kemarin kepengurusan BPC KKSS Abepura inikan sempat mandek, karena yang menjadi pengurus itu hanya orang-orang yang saling mengenal. Nah, ke depan ini kita akan ambil nanti yang menjadi pengurus itu dari pilar-pilar yang ada di Dalam tubuh KKSS Abepura ini sekitar 12 pilar untuk dimasukkan dalam kepengurusan KKSS kedepannya,” kata Muhammad Takwin.

Setelah terpilihnya menjadi Ketua BPC KKSS Abepura, dirinya punya rencana awal dalam kepemimpinannya yakni akan membentuk koordinator lapangan (Korlap) disetiap kelurahan/kampung yang ada di Distriik Abepura dan juga melakukan pendataan kepada warga asal Sulawesi Selatan yang berdomisili di Distrik Abepura.

“Kedepannya, bilamana nantinya kepengurusan kami sudah tersusun rapi dan sudah resmi dilantik, maka kami akan bikin (membentuk) korlap-korlap per kelurahan. Kami juga akan turun melakukan pendataan warga yang berasal dari Sulawesi Selatan disetiap korlap. Disitulah nanti terbentuk suatu kepengurusan seperti ketua korlap, sekretaris dan juga bendahara korlap,” imbuh Anggota DPRD Kota Jayapura.

“Jadi kepengurusan korlap itu sendiri per kelurahan, misalnya di Distrik Abepura ini ada 9 kelurahan dan 1 kampung yang ada warga Kami asal Sulawesi Selatan di Abepura ini. Mereka yang akan mendata warganya dan akan ada iuran bagi warga Sulsel. Iuran itu nantinya dari kita dan untuk kita, misalkan terjadi ada warga yang sakit atau mengalami permasalahan apa saja untuk warga KKSS bilamana terjadi hal-hal yang tidak dinginkan. Insha Allah, gebrakan ini untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi warga Sulsel,” tambahnya dengan jelas.

Ditanya soal pelantikan pengurus BPC KKSS Abepura, dirinya mengaku rencana bulan depan formatur diberi waktu menyusun susunan pengurus definitif selama seminggu.

“Insha Allah, kita usahakan paling lama satu bulan kedepan sudah ada pelantikan,” tukas politisi PPP itu.

berbeda dengan bakal calon ketua yang diajukan oleh pilar KKSS, H. Kumar, S.Ag., S.H., yang telah menjabat sebagai Sekretaris BPC KKSS Abepura merangkap Plt. Ketua BPC KKSS Abepura periode sebelumnya menyatakan mengundurkan diri dari pencalonan dan tidak lagi mengikuti pemilihan ketua BPC KKSS Abepura.

“Saya mengundurkan diri, saya berikan kesempatan kepada rekan-rekan saya untuk memimpin KKSS. Saya tetap siap membantu KKSS, saya tetap ada di Abepura, kita semua tetap sama-sama untuk membangun KKSS Abepura,” kata H. Kumar sesaat sebelum pemilihan berlangsung.

H. Kumar, S.Ag, S.H., sebelumnya telah menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh warga KKSS apabila selama lima tahun masa kepengurusan BPC KKSS Abepura dirinya sebagai Sekretaris sekaligus merangkap Plt. Ketua BPC KKSS Abepura banyak kelemahan, kesalahan dan kekurangan.

“Yang perlu kita benahi dengan harapan satu waktu kedepan kita dapat berbuat lebih baik lagi,” paparnya.

Katanya, ketua yang terpilih tentu akan lebih baik dan diharapkan bisa menjaga kebersamaan dan silaturahmi antara sesama orang Sulawesi Selatan di Kota Jayapura, khususnya di Distrik Abepura dan bisa menjaga hubungan baik dengan semua pihak.

“Jadi harapan kita bersama itu, tentunya kita mau mengangkat kembali marwah dan juga ghirah KKSS di Abepura. Karena bagaimanapun KKSS Abepura inikan semangat awal peletakan (pembentukan) pertama adanya atau munculnya KKSS di Papua. Sehingga wajar kalau terjadi dinamika di forum-forum atau di tengah-tengah masyarakat,” ujar Kumar yang mewakili pengurus BPC KKSS yang demisioner.

”Tapi, kita berharap kedepannya betul-betul eksistensi KKSS itu bisa dirasakan oleh warga terkait advokasi dan membuka lapangan kerja. Karena kita kan tidak tahu di warga kita masih banyak juga yang dari keluarga tidak mampu. Nah, bagaiman wadah ini bisa menfasilitasi dengan banyak membangun peluang-peluang kerja, kemudian kedepan kita harus gerakkan iuran abadi kita yaitu 1.000 Latimojong. Saya berharap ketua dan pengurus kedepan bisa memberdayakan potensi-potensi yang ada di KKSS Abepura agar semua program kerja bisa terlaksana dengan baik,” tukasnya.

Muscab ke-IV ini juga dihadiri Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) KKSS Kota Jayapura,. Ir. H. Junaedi Rahim, IAI, juga Wakil Ketua BPD KKSS Kota Jayapura H. Muhammad Haedar Muharram. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here