Suasana Musda ke-IV BPD KKSS Kabupaten Jayapura di Hotel Sentani Raya, Sabtu (22/2/2020) pekan kemarin. (Irfan / intaspapua.com)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Salah satu putra asal Sidrap yang juga Legislator PPP Kabupaten Jayapura, H. Wagus Hidayat, S.E, terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Jayapura periode 2020-2025.

Amanah tersebut diberikan dalam Musyawarah Daerah (Musda) IV Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Jayapura, di Hotel Sentani Raya, Pasar Lama Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (22/2/2020) hingga Minggu (23/2/2020).

Saat dihubungi LintasPapua.com, Direktur PT Semuwa Aviasi Mandiri ini mengatakan dirinya akan melakukan konsolidasi dengan pilar-pilar dan juga badan otonom yang ada di dalam tubuh KKSS Kabupaten Jayapura.

“Pertama, saya akan lakukan konsolidasi semua pilar dan badan-badan (otonom) yang ada di KKSS untuk kita duduk bersama untuk memajukan wadah KKSS di Kabupaten Jayapura ini,” ujarnya dibalik telepon selulernya, Minggu (23/2/2020) kemarin malam.

Ia juga berharap kedepan KKSS bisa membantu mendorong pemerintah dalam program untuk memajukan Kabupaten Jayapura.

“Sebagai ketua terpilih BPD KKSS Kabupaten Jayapura, tentunya saya akan merangkul semua pihak untuk membangun Kabupaten Jayapura bersama-sama dengan pemerintah daerah. Kemudian juga dalam rangka pelaksanaan iven PON XX ini, pastinya KKSS akan terlibat juga dalam mendukung dan menyukseskan iven olahraga terakbar tersebut di Provinsi Papua, khususnya di Kabupaten Jayapura,” papar pria yang juga Anggota DPRD Kabupaten Jayapura dan Ketua Fraksi BTI DPRD Kabupaten Jayapura.

Setelah terpilihnya menjadi Ketua KKSS Kabupaten Jayapura, dirinya punya rencana awal dalam kepemimpinannya yakni akan melakukan dialog dengan para sesepuh yang ada di Kabupaten Jayapura.

“Kami akan menggali sejarah keberadaan orang Sulawesi Selatan di Bumi Khenambay Umbay, supaya masyarakat yang berasal dari Sulawesi Selatan bisa beradaptasi dengan cepat. Kami akan membentuk tim untuk turun mendata warga yang berasal dari Sulawesi Selatan agar kedepan kita bisa tahu persis jumlahnya dengan by name by address,” imbuh pria yang juga Owner dari PT Semuwa Group.

Ditanya soal ppelaantikan pengurus KKSS Kabupaten Jayapura, dirinya mengaku rencana bulan depan karena formatur diberi waktu menyusun susunan pengurus selama dua minggu.

“Insha Allah kalau untuk pelantikan itu, kita menyusun formatur dulu. Ada waktu dua minggu yang diberikan kepada kita, selama 12 hari kerja untuk menyusun susunan pengurus di KKSS Kabupaten Jayapura. Setelah itu, baru kita bisa tahu kapan jadwal pelantikannya,” sambung politisi PPP ini.

Musda ini juga dihadiri Ketua Badan Pengurus Wilayah KKSS Provinsi Papua, H. Mansyur, SH, MH, dan Musda ini dibuka secara resmi oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP.

Warga KKSS Diminta Tetap Jaga Kebersamaan dan Persaudaraan

Warga Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) di Kabupaten Jayapura diminta untuk tetap menjaga kebersamaan dan persaudaraan antar sesama. Hal ini disampaikan Ketua BPW KKSS Papua, H. Mansyur, SH, MH, pada sambutan pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) ke-IV BPD KKSS Kabupaten Jayapura di Hotel Sentani Raya, Sabtu (22/2/2020) siang pekan kemarin.

Katanya, bahwa KKSS ini adalah organisasi paguyuban yang harus berjalan sesuai dengan aturan organisasi Anggraini Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) KKSS.

“Inikan (KKSS) paguyuban, jadi kita berjalan sesuai dengan aturan organisasi. Kita harapkan Musda ini harus membuat program kerja yang lima tahunan, kemudian memilih pengurus yang baru. Untuk pengurus yang baru ini harus kompak dengan dinamikanya yang bagus dan penuh kerjasama ke organisasi-organisasi paguyuban yang lain, kemudian kerjasama dengan pemerintah daerah, tokoh agama dan tokoh masyarakat,” harap Mansyur.

Selain itu, kata Mansyur, wadah KKSS ini hadir untuk saling menolong dan juga menopang sesama warga Sulawesi Selatan. Kebersamaan dan persaudaraan itu, kata H. Mansyur, sangatlah penting.

“Persaudaraan yang harus kita tingkatkan baik sesama wadah KKSS maupun kepada paguyuban lainnya. KKSS itu bukan kau, kau, saya saya. jangan urus diri siang malam, ada masalah baru cari KKSS,” ujarnya. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here