Suasana pertemuan Komis X DPR RI dalam Meninjau kesiapan PON di Papua. (Gracio / lintaspapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –Wakil ketua Komisi X Dewan Perwakila Rakyat (DPR) RI Abdul Fikri Faqih menegaskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional Ke XX 2020 di Papua wajib sukses sebab, ini pesan dari Presiden Joko Widodo.

“Ini pesan bapak Presiden dan DPR RI untuk sukses PON di Papua, dan kami Komisi X telah membentuk Panja PON untuk mengawal kesiapan penyelenggara agar tetap di laksanakan di Papua bukan di tempat lain,”jelas Abdul, saat melakukan pertemuan bersama dalam meninjau kesiapan penyelenggaraan PON, di Hotel Horizon, Kotaraja, Jumat ( 21/2).

Dalam kesempatan itu pula dirinya menjelaskan, ada beberapa poin penting yang harus di perhatikan oleh tuan rumah penyelenggara PON, yakni mengejar sukses penyelenggara, sukses prestasi, sukses administrasi, sukses ekonomi dan juga sukses pasca event.

Hal pertama dikatakan Abdul, sukses penyelenggaraan, hal inilah yang membuat komisi X DPR RI melakukan kunjungan ke Papua untuk melakukan pengawasan terhadap kinerja Panitia Besar PON XX dalam seluruh persiapan.

“Kesiapan penyelenggara baik itu venue, wisma atlet, tempat penginapan dan pendukung acara, kondisi keamanan dan lainya, demi mendukung sukses penyelenggara PON di Papua,”kata Abdul

Kedua sukses prestasi, di harapkan bagi pemangku kepentingan seperti pemerintah, KONI, PB PON termasuk para pelaku usaha, terkait pariwisata dan ekonomi kerakyatan harus di perhatikan.

Begitu juga dengan tertib administrasi, perlu pengawasan tertib akuntabilitas keuangan terutama penggunaan dana PON 2020 baik di Pemerintah, Koni, PB PON PON, Cabor dan seluruh stakeholder di bidang olahraga

“Terakhir mengenai pasca even pada PON 2020, sehingga infrastruktur venue tidak menyisakan masalah hukum namun di pergunakan baik bagi masyarakat di bidang olahraga,”ujarnya.

Semantara menurut Sekda Papua, Herry Dosinaen berpendapat, komisi X sangat mengapresiasi kesiapan penyelenggaran PON di Papua dengan adanya bengunan venue yang luar biasa.

“Hanya saja catatan mereka yakni perlu di persiapkan lagi menyangkut akomodasi juga transportasi.Dan kehadiran mereka ke Papua ini adalah satu bentuk kepedulian terhadap Papua, dalam memberi motifasi untuk mensukseskan PON di Papua, “katanya.

Ketua Harian PB PON, Yunus Wonda menambahkan persiapan yang telah di lakukan bersama pihak terkait, perkembangannya semakin baik. Untuk itu dirinya berharap semua pihak dapat bergerak maju.

Catatan komisi X DPR RI tentang bagaimana memberdayakan ekonomi masyarakat, Yunus mengaku hal itu sudah di lakukan panitia. Sehingga kesannya PON bukan hanya menghabiskan banyak uang namun memberi dampak bagi ekonomi rakyat.

“Jadi masyarakat harus bisa mempersiapkan makanan lokal, hasil alam, kerajinan tangan, hasil-hasil karya dan sebagaimnya. Dan hal ini perlu dukungan semua pihak di Pemerintah Daerah Kabupaten /kota maupun Provinsi,” pungkasnya. (Gracio / lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here