Dari Acara Tahunan, Rukun Anak Tanah Merah dan Anak Pernakan Tanah Merah

0
521
Seketaris Umum Rukun Anak Tanah Merah dan Anak Pernakan Tanah Merah, Jhon Wiclif Tegai-Yerisitouw, saat disalami oleh masyarakat adat tanah merah. Richard (LPC)
Seketaris Umum Rukun Anak Tanah Merah dan Anak Pernakan Tanah Merah, Jhon Wiclif Tegai-Yerisitouw, saat disalami oleh masyarakat adat tanah merah. Richard (LPC)

SENTANI (LINTAS PAPUA) — Rukun anak tanah merah dan anak pernakan tanah merah, Jumat 31 Januari 2020, mengelar acara syukuran tahunan bersama lewat tari yosim suling tambur bersama, dalam menyambut pergantian tahun 2019-2020.

Seketaris Umum Rukun Anak Tanah Merah dan Anak Pernakan Tanah Terah, Jhon Wiclif Tegai-Yerisitouw dalam sambutannya menyampikan sejak 14 Maret 2019 lalu, para orang tua-tua bersepakat untuk membentuk rukun anak tanah merah dan anak pernakan tanah merah, sebagai wadah berhimpun dalam mengangkat harkat dan martabat anak tanah merah dan pernakan anak tanah merah di Kabupaten Jayapura, Papua.

Sebut Jhon, kehadiran rukun ini telah ada jauh sebelumnya dengan sebutan masyarakat adat tanah merah, kemudian disepakati untuk menjadi rukun anak tanah merah dan anak pernakan tanah merah, yang diketuai oleh Ir. Yan Cav Ormusray.

Hadirnya organisasi, bukan saja menjadi tanggungjawab organisasi untuk menjaga perilaku baik, tapi setiap individu harus menjaga diri dan harkat dirinya sendiri, karena anak tanah merah dan pernakan tanah merah adalah identitas kita.

“Apa yang kita mau banggakan, kalau perilaku kita tidak benar sebagai anak tanah merah, maka itu perilaku kita harus baik dalam aktifitas kita dalam mencerminkan anak tanah merah yang baik,” kata Seketaris Umum Rukun Anak Tanah Merah dan Anak Pernakan Tanah Terah, Jhon Wiclif Tegai-Yerisitouw, Jumat (31/01/2020) di Sentani.

Ditanya soal legalitas organisasinya, sebut Jhon dalam waktu dekat pihaknya akan menyiapkan AD-ART untuk didaftarkan ke Kesbangpol.

Untuk itu, pesannya, anak tanah merah dan anak pernakan tanah merah, kita harus menujukan sikap baik, tindak dan tingkahlaku kita yang baik dalam aktifitas kita.

Sebab pendataan SDM anak tanah merah mulai dari jenjang pendidikan dasar, menengah, hingga perguruan tinggi akan didatakan mulai dari ormu sampai muaif.pungkasnya.(Richard Lintas Papua)

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here