Family Gathering PDAM Jayapura, Rustan Saru : PDAM Dapat Mengurangi Kebocoran Pipa Air

0
228
Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM., (kiri ) bersama dua orang anak dan Direktur Utama PDAM Jayapura, Entis Sutisna, saat kegiatan. (Gracio/lintaspapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)- Dalam rangka meningkatkan rasa kebersamaan, rasa persaudaraan, dan satu tujuan menuju perusahaan yang sehat, prima dan mandiri Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura melaksanakan familiy gathering di Pantai Hamadi, kota Jayapura, Sabtu, (18/1/2020).

 

Wakil wali kota, yang juga sekaligus sebagai Ketua Dewan Pengawas PDAM Jayapura Ir. H. Rustan Saru, MM., mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, ini menunjukan bahwa PDAM mempunyai komitmen yang baik dan betul-betul untuk memberikan kontribusi positif dalam rangka menunjang pembangunan di Kota Jayapura dalam hal sisi penyediaan air minum.

 

“Pemerintah mendorong, selaku Dewan Pengawas juga mendorong sesuai dengan visi misi PDAM adalah prima, mandiri dan sehat harus dipenuhi. Sehingga kita harap PDAM bisa bekerja optimal dan semua kebutuhan air di Jayapura Utara, Selatan, Abepura dan Heram bisa dipenuhi,” kata Rustan.

 

Dalam kesempatan ini, Rustan juga mengingatkan PDAM agar dapat

mengurangi terjadinya kebocoran pipa air di kota Jayapura, sebab sampai hari ini ada 40 persen air yang hilang.

 

“Ini kita minta agar PDAM ini bisa mengoptimalkan bisa memutus rantai ini agar nanti yang bocor bisa dikurangi setiap tahun. Kita harapkan nanti dalam setahun kedepan paling tidak tinggal 20 persen air yang hilang,” tutur Rustan.

 

Pihaknya meminta, PDAM mengoptimalkan pelanggan di kota Jayapura, karena sampai hari ini penyaluran air belum maksimal yakni 24 jam. Ada yang satu Minggu sekali mengalir, ada yang memang satu minggu dua kali dan tiga kali bahkan juga ada yang tak mengalir.

 

“Untuk itu, kita minta agar PDAM dapat mendistribusikan pipa air bagi warga kita yang belum terjangkau agar air bisa tersambung bagi mereka juga harus dilayani agar betul betul sesuai dengan visi misi PDAM yang prima dan terlayani juga bisa terpenuhi di kota,” harapnya.

 

Dirut PDAM Jayapura, Provinsi Papua, Entis Sutisna mengatakan, untuk pertama kalinya PDAM Jayapura melakukan kegiatan Family Gathering ini.

 

“Ini melibatkan seluruh komponen yang ada di PDAM baik pegawai yang didukung dengan ibu ibu Dharma Wanita,” katanya.

 

Menanggapi persoalan yang disampaikan Dewan pengawas PDAM, Entis mengatakan, pihaknya sadar betul, dikatakan audit BPKP tahun 2019 itu masih 43 persen dari total produksi PDAM, kemudian efektifitas penagihan juga kita masih rendah 55 persen.

 

“Ini menjadi pekerjaan rumah buat kita, untuk pertama sudah tentu potensi tunggakan yang ada sekitar Rp 34, 4 miliar dari 34.700 pelanggan untuk utang rekening air tahun 2016 sampai 2019 ini susah tentu harus di manage dengan baik maka akhir bulan ini kami sudah menyiapkan 5 unit mobil pick up baru yang akan didistribusikan ke unit-unit pelayanan untuk memastikan nanti dilakukan pemutusan terhadap pelanggan yang menunggak,” tandasnya. (Gracio/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here