Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, serahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Tahun 2020 kepada empat perwakilan OPD secara simbolis, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (10/1/2020) kemarin. (Irfan / lintaspapua.com)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Tahun 2020 kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se- Kabupaten Jayapura, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (10/1/2020) kemarin.

Penyerahan DPA yang disaksikan Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro, Sekda Kabupaten Jayapura Dra. Hanna S. Hikoyabi, S.Pd, M.KP dan Kepala BPKAD Kabupaten Jayapura Subhan, SE, itu menandai diawalinya pelaksanaan program kegiatan tahun 2020 ini.

Mathius memerintahkan jajarannya untuk bersegera merealisasikan program kegiatannya atau (kontrak) agar manfaatnya segera dirasakan warga masyarakat Kabupaten Jayapura.

“Hari ini (kemarin) kita sudah serahkan DPA, itu bukan berarti mereka (OPD) baru mau memulai. Karena kita sudah arahkan persiapan-persiapan administrasi nya sudah dari tahun lalu. Begitu kita serahkan DPA, maka kontrak langsung mulai dengan program kegiatannya lebih awal,” kata Mathius.

Mathius menegaskan, dalam pelaksanaan program OPD harus memperhatikan ketepatan waktu. Tidak ada alasan molor waktu. Program harus dilaksanakan secara terencana dan terukur, sesuai prinsip penyusunan APBD.

“Kita berharap paling lambat bulan Maret tidak ada alasan lagi proses pengadaan barang dan jasa, semua harus tuntas. Itu sudah komitmen dan kita sudah bicara dengan teman-teman yang mengurus pengadaan barang dan jasa. Ini harus dilaksanakan dan mereka sudah buat schedule nya,” imbuhnya dengan nada tegas.

Mathius juga menekankan bahwa yang juga tak kalah pentingnya adalah memastikan bahwa anggaran dibelanjakan efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Karena itu, tadi saya arahkan dan jelaskan bahwa kepala OPD tidak boleh main-main dengan hal ini lagi. Lupakanlah masa lalu, karena kita harus mulai dengan semangat yang baru,” tutur Dia.

Untuk itu, Mathius meminta semua OPD tidak boleh main-main lagi, karena sudah diarahkan dari tahun lalu.

“Tahun lalu sudah kita arahkan dan tidak boleh main-main. Apalagi menjelang iven PON XX, banyak hal yang harus kita diskusikan lagi di luar dan hanya bicara pengadaan-pengadaan itu saja,” kata Dia.

Sementara itu ditempat terpisah, Kepala BPKAD Kabupaten Jayapura, Subhan, SE, mengungkap Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) yang diserahkan memuat alokasi APBD 2020 dari total pendapatan itu kurang lebih sebanyak 1,4 Triliun Rupiah dan belanja daerah kurang lebih sebesar Rp 1,3 Triliun Rupiah yang terdiri dari atau diafektivikasikan ke dalam Belanja Tidak Langsung Rp 733 miliar dan Belanja Langsung Rp 696 miliar. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here