Wali Kota Benhur Tomi Mano Melantik Gidion Waskay Sebagai Kepala Kampung Koya Koso

0
746
Wali Kota Jayapura. Dr. Benhur Tomi Mano, MM., menyematkan pangkat jabatan KPK Koya Koso kepada Gidion Waskay, SH. (Foto Humas Setda Kota Jayapura)

JAYAPURA (LINTYAS PAPUA) –   Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM., resmi mengesahkan dan mengangkat Gidion Waskay, SH sebagai Kepala Pemerintahan Kampung Koya Koso periode 2019-2022. Pelantikkan KPK Koya Koso oleh Wali Kota diharapkan mampu mewujudkan pemerintahan yang baik ke depannya.

“Saya berharap Kepala Pemerintahan Kampung Koya Koso yang baru dapat mewujudkan pemerintahan yang baik, Bamuskam dan seluruh elemen masyarakat saya minta untuk membantu KPK yang baru dalam melaksanakan tugasnya membangun kampung,” kata Wali Kota melantik KPK Koya Koso periode 2019-2022, Selasa 17 Desember 2019.

Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM menyematkan pangkat jabatan KPK Koya Koso kepada Gidion Waskay, SH.

Pemilihan KPK telah diadakan secara demokratis pada 30 November 2019, yang mengesahkan dan mengangkat KPK Koya Koso periode 2019-2022 atas nama Gidion Waskay, SH. Pengesahan dan pengangkatan tersebut tercantum dalam Surat Keputusan Wali Kota Jayapura Nomor 188.4/226/2019 tentang pengesahan dan pengangkatan calon terpilih Kepala Pemerintahan Kampung Koya Koso periode tahun 2019-2022. Tugas KPK Koya Koso antara lain menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di kampung.

Dengan kewenangan sebagai berikut, yakni memimpin penyelenggaraan pemerintahan kampung berdasarkan kebijakan kebijakan yang ditetapkan bersama bamuskam, mengajukan rancangan peraturan kampung, menetapkan peraturan kampung yang telah mendapat persetujuan bamuskam, menyusun dan mengajukan rancangan peraturan kampung tentang APBK untuk dibahas dan ditetapkan bamuskam, mendapat kehidupan kemasyarakatan kampung, mengembangkan dan membina perekonomian kampung, mengkoordinasikan pembangunan kampung secara partisipatif.

Sementara itu, KPK Koya Koso,  Gidion Wakay, SH mengatakan tujuannya memimpin kampung adalah untuk membangun kampung dan mensejahterakan masyarakat kampung. “Saya ingin bangun kampung Koya Koso, program yang sudah dijalankan mantan KPK sebelumnya saya ingin selesaikan semuanya. Pemberdayaan masyarakat seperti kesehatan dan pendidikan, sementara sudah berjalan. Saya orang asli ingin bangun kampung saya dan saya usahakan masyarakat saya sejahtera,” katanya.

Sebelumnya, Gidion menjabat sebagai ketua bamuskam dan juga pernah mengisi kekosongan jabatan KPK Koya Koso sebelum disahkan Wali Kota Jayapura. Dalam programnya selama menjabat ketua bamuskam, dirinya melibatkan seluruh elemen masyarakat baik dari RT/RW, bamuskam dan staf kampung Koya Koso.

Ia juga mendapat himbauan dari Wali Kota untuk menggunakan dana kampung dengan bijak setelah diturunkan ke masing-masing KPK.

“dana kampung diturunkan maka harus ada keterbukaan untuk umum, bahkan diliput media. Kita juga libatkan pemerintah seperti RT/RW, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh perempuan,” katanya. (HUMAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here