Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Pusat Mayjend TNI Purn, Suwarno., saat diwawancara. (MG)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Pusat Mayjend TNI Purn, Suwarno mengatakan, hari ini fokusnya bagaimana kita ingin memastikan Venue yang disiapkan dengan keinginan Cabang Olahraga (Cabor) berdasarkan standarisasi Venue.

“Ada beberapa hal yang jadi perhatian kita terutama terkait cabor yang masih menunggu inpres seperti seperti sepatu roda, dayung dua Venue dan satu lagi panahan,” kata Suwarno kepada wartawan usai rapat kerja PB.PON Ke-XX dan Sub. PB PON dan Penandatanganan Sebaran Cabang Olahraga Venue dan Arena Kamis malam, (12/12/2019).

Suwarno mengaku, panahan banyak tempat yang bisa digunakan karena memerlukan tanah yang datar lebarnya dan panjangnya tidak terlalu sulit untuk dicari tapi ini masih pending dan tinggal menunggu keputusan untuk bagaimana nantinya. “Karena kalau menggunakan APBN tanahnya harus bersertifikat dan milik pemerintah,” terangnya.

Dan selanjutnya terkait dengan checking yang di Mimika tidak ada masalah jadi tetap dengan rencana awal, sedangkan di Merauke tadi dipertemukan antara Wushu, Gulat, kempo, kemudian Catur dan satunya lagu Anggar, kalau bermotor dan sepak bola putri mereka punya lapangan sendiri. Ternyata, anggar bisa menggunakan gedung Bella Vista.

Untuk GOR yang ada di KONI Merauke itu akhirnya cabor mengkehendaki disitu semua. Sehingga disana bisa digunakan dua GOR di Merauke untuk Wushu dan Gulat. Sedangkan untuk Kempo akan kita carikan tempat lagi yang jadi satu tempat dengan Muaythai di STT Gidi. “Ini akan jadi solusi semua bagi rencana persiapan Venue kedepan dan akan memperlancar proses berikutnya baik terkait dengan akomodasi, transportasi dan konsumsi,” bilangnya.

Sehingga dengan ditandainya berita acara ini tidak ada lagi pergeseran cabor di Venue masing-masing. Untuk panahan, Lanud sentani bersedia menyiapkan lahan untuk kita.

Kalau kepastian finalisasi persiapan PON XX kepada kontingen lain akan kami sampaikan pada saat CDM Meeting dan saya kira tidak ada hal-hal yang signifikan, kalau pergeseran satu cabor mungkin tidak sangat mengganggu, dan artinya ini semua sudah final baik cluster Venue dan jadwal pertandingan.

“Untuk bidang pertandingan, persiapan Venue sudah aman, tapi masih banyak tugas yang harus dikerjakan, karena venue ini setelah dikerjakan kita akan berbicara kuota yang akan menjadi dasar pelayanan akomodasi, transportasi, kesehatan, komsumsi dan bidang lain,” jelas Suwarno.

Maka kami berpesan agar segera bidang pertandingan menyebarkan informasi ini kepada setiap cabor, dan semua bidang yang ada di PB PON. Kewajiban bidang pertandingan menyampaikan jumlah cabor dan rencana Venue yang akan digunakan serta kuota kepada semua bidang di PB PON.

“Bidang pertandingan sebagai penjuru, termasuk bidang IT, broadcast pertandingan dan hal hal yang harus dikoordinasikan. Jangan pernah bosan untuk melakukan koordinasi setiap hari,” pungkasnya.

Sementara itu ditempat tang sama Wakil Ketua Harian PB PON 2020, DR. Yusuf Yambe Yabdi, ST. MT menambahkan Bidang pertandingan merupakan penjuru bagi semua bidang yang ada di dalam persiapan PON XX, baik dari bidang konsumsi, kesehatan, transportasi, akomodasi dan lainnya.

“Semua menunggu bidang pertandingan. Oleh sebab itu semua pembahasan terkait itu sudah selesai. Dan kita akan melakukan rapat pada Sabtu nanti dengan seluruh bidang untuk menyerahkan hasil seluruh bidang kepada seluruh bidang di kepanitiaan PON dan segera menyiapkan hal hal yang harus disiapkan oleh bidang bidang masing-masing di PB PON dalam menyukseskan PON XX,” katanya.

Lanjutnya juga membuat rumusan kebijakan apa yang nantinya akan diturunkan kepada Sub PB PON masing masing, misalnya seperti kebijakan konsumsi seperti apa di Seluruh kabupaten kota dan begitu dengan kebijakan bidang lainnya. “Semua harus segera dirumuskan supaya pada saat CDM Meeting nanti itu menjadi bahan Pak Gubernur untuk disampaikan kepada seluruh provinsi yang akan hadir di Jayapura nantinya,” tutupnya. (GM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here