KPU Keerom Gelar Rapat Koordinasi dengan Forkompinda, Bawaslu dan Pihak Terkait

KEEROM (LINTAS PAPUA)  – Dalam rangka suksesnya Pilkada Keerom yang akan dihelat pada Rabu 23 September 2020 mendatang, KPU Keerom terus mengebut persiapannya termasuk berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menyukseskan gelaran 5 tahun sekali tersebut.

Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, Ketua KPU Keerom, Kornelis Watkaat, Kapolres Keerom, AKBP. Baktiar Joko Mujiono, SIK, MM, serta pihak terkait melakukan foto bareng disela-sela kegiatan Rapat Koordinasi KPU Keerom, Forkompinda dan Pihak Terkat di Arso Grande Hotel, Arso II, Rabu (11/12/2019) kemarin. (Arief / lintaspapua.com)
Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, Ketua KPU Keerom, Kornelis Watkaat, Kapolres Keerom, AKBP. Baktiar Joko Mujiono, SIK, MM, serta pihak terkait melakukan foto bareng disela-sela kegiatan Rapat Koordinasi KPU Keerom, Forkompinda dan Pihak Terkat di Arso Grande Hotel, Arso II, Rabu (11/12/2019) kemarin. (Arief / lintaspapua.com)

Terkait itu, bertempat di Arso Grande Hotel, Yuwanain, Arso II, digelar Rapat Koordinasi KPU Keerom, Forkompinda, pihak terkait pada Rabu (11/12/2019) kemarin. Hadir dan membuka acara pada kegiatan tersebut, Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP.

Dari KPU, hadir Ketua KPU, Kornelis  Watkaat dan Sekretaris KPU, Noak Wassanggai. Juga jajaran komisioner KPU Keerom yaitu, Immawan Margono, Petrus Solossa, Frenki Tiwe, dan Melli Gobay. Sementara dari Forkompinda lainnya hadir Kapolres Keerom, AKBP. Baktiar Joko Mujiono, SIK, MM, Pabung Keerom, Mayor Inf. Lodwyk Woria, Kepala Badan Kesbangpol Keerom, Minggubandua, dan jajaran.

Selain itu hadir pula Bawaslu Keerom, yaitu Ketua, Natalia Yonggom dan Komisioner, Carmiati. Juga nampak para Kadistrik dari 10 distrik yang ada di Keerom, juga ada tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, dalam kesempatan tersebut mengemukakan bahwa Pemkab Keerom akan dan harus punya komitmen untuk mendukung terlaksananya Pilkada Tahun 2020 di Kabupaten Keerom yang akan dilaksanakan tanggal 23 September 2020 mendatang.

‘’Pemilihan Kepala Daerah di 11 daerah Kab/kota di Papua adalah agenda nasional yang harus kita sukseskan, dan ini adalah amanat undang-undang. Maka tentunya Pemkab Keerom harus siap untuk memberikan dukungan penuh kepada penyelenggara, pada semua tahapan penyelenggaraannya termasuk menyangkut pendanaannya,’’ungkapnya pada kesempatan tersebut.

Ia juga mengingatkan bahwa Keerom telah sukses penyelenggaraan pada Pilgub dan Pemilihan tahun 2019 lalu, maka menurutnya tak ada alasan Pilkada tahun 2020 mendatang tak sukses.

‘’Pilkada tahun 2020 harus jadi Pilkada Sukses, manusiawi dan bermartabat, dan ini adalah tanggungjawab kita semua. Semua pihak terkait harus bersinergi untuk menyukseskannya baik itu penyelenggara baik dari KPU, Bawaslu, Pemerintah, TNI, Polri, pihak terkait hingga ke masyarakat disegala lapisan, sehingga harapan kita semua agar Pilkada ini sukses,’’lanjutnya.

Sementara itu Ketua KPU Keerom, Konelis Watkaat, S.Sos, mengemukakan harapannya agar semua pihak terkait bisa bersinergi untuk menyukseskan Pilkada Tahun 2020 mendatang. Ia juga menjelaskan tahapan-tahapan Pilkada sejak telah ditetapkannya PKPU terkait Pilkada, maka KPU Keerom terus bekerja melaksanakan apa yang menjadi tugasnya sebagai penyelenggara.

‘’Kami sangat berharap untuk suksesnya Pilkada, namun hal ini tak bisa kami lakukan sendiri sebagai penyelenggara bersama Bawaslu. Karena dukungan pihak Pemkab Keerom, TNI, Polri dan pihak terkait sangat kami harapkan. Demikian juga aparat pemerintah ditingkat distrik, kampung hingga ke RW dan RT, semua sangat kita harapkan dukungannya,’’ujarnya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Keerom, Natalia Yonggom, bahwa pihaknya juga telah melakukan antisipasi pelaksanaan tahapan Pilkada yang telah dimulai oleh KPU Keerom.

‘’Tanggal 20 desember ini kami akan melantik Pengawas Distrik (pandis), agar mereka bisa membantu untuk mengawasi tahapan KPU dalam pelaksanaan seleksi dan perekrutan PPD dan PPS serta KPPS. Demikian juga tahapan lainnya, kami antisipasi agar Bawaslu tak terlambat dalam pengawasan. Sementara untuk Gakkumdu, Bawaslu bersama Polres selama ini sudah berjalan dengan baik, namun dengan Kejari Jayapura masih perlu ditingkatkan,’’jelasnya.

Sedangkan Kapolres Keerom, AKBP. Baktiar Joko Mujiono, SIK, MM, mengemukakan siap untuk mendukung Pilkada dalam sisi pengamanan. ‘’Kami telah persiapkan personil untuk setiap tahapan Pilkada, saat ini telah ada 400 personil kami yang siap dan itupun bisa dilakukan penambahan melalui BKO jika memang ada situasi yang memerlukan penambahan,’’ujarnya. (arief/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here