Cerita Warga Soal Penggeledahan Rumah Terduga Teroris di Kabupaten Jayapura

0
270

SENTANI (LINTAS PAPUA)  –  Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror menggeledah rumah terduga teroris di Kabupaten Jayapura. Lokasinya berada di Perumahan BTN Doyo Grand, RT 005, RW 002, Doyo Baru, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura. Sebelum dilakukan penggeledahan, warga sekitar rumah yang ingin digeledah oleh Tim Densus 88 di suruh menyingkir.

Menurut keterangan yang dihimpun LintasPapua.com di lokasi kejadian, bahwa Tim Densus 88 melakukan penggeledahan dan olah tempat kejadian perkara (TKP) di tiga lokasi berbeda. Pertama, di Perumahan BTN Doyo Grand, kedua di Ruko sekitar SPBU Doyo Baru dan ketiga di sekitar Jalan Raya Doyo Sentani.

Penghuni rumah yang diduga teroris ini diketahui kesehariannya bekerja sebagai penjual es keliling menggunakan gerobak.
“Itu kalau laki-lakinya, tapi kalau istrinya saya tidak tahu. Karena tidak tahu juga istrinya yang mana dan mereka juga orang baru disini,” ungkap salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya ini kepada LintasPapua.com, Kamis (5/12/2019) kemarin.

Ketika ditanya soal kedatangan Tim Densus 88 saat melakukan penggeledahan, wanita ini mengatakan, dirinya bersama keluarga dan seluruh warga sontak kaget dan panik, dikarenakan ada pemberitahuan dari pihak Kepolisian akan melakukan penggeledahan rumah yang diduga teroris.

“Rumahnya ada di jalur (Blok) 9, jadi warga penghuni rumah sekitar rumah yang ingin digeledah di suruh menyingkir. Tapi, kami dapat imbauan dari polisi untuk tidak panik dan tetap tenang,” jelas wanita paruh baya ini.
Ia menambahkan, dirinya tidak bisa memastikan apakah penghuni rumah yang diduga teroris telah diamankan atau tidak, karena terhalang oleh kerumunan banyak orang.

Senada dengan wanita paruh baya tersebut, Syarifuddin salah seorang warga sekitar lokasi olah TKP itu menuturkan, dirinya kaget dan panik hingga harus meninggalkan aktivitasnya. Karena aparat datang menggunakan mobil Gegana dan Inafis saat melakukan clear area, namun setelah itu suasana kembali kondusif.

“Saya panik dan spontan meninggalkan aktivitas saya. Dengan rasa penasaran karena pada saat penangkapanpun warga tidak mengetahuinya, termasuk saya tidak tahu kalau ada penangkapan sebelumnya,” jelas Syarifuddin, yang kebetulan tempat tinggalnya persis di depan lokasi olah TKP, tepatnya di pinggir jalan raya Doyo Sentani, Depan SPBU Doyo Baru.
Untuk diketahui, Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 menggeledah dan olah TKP di 3 lokasi berbeda. Pertama, di perumahan BTN Doyo Grand, kedua di Ruko sekitar SPBU dan ketiga di Jalan Raya Doyo Sentani.

Kegiatan penggeledahan yang dilakukan oleh Tim Densus 88 ini di backup Puslabfor Mabes Polri dan juga Tim Jibom Gegana Polda Papua terhadap 2 unit rumah tempat tinggal tersangka teroris, merupakan hasil dari pengembangan penangkapan diduga jaringan teroris. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here