Kepala Kampung Dituntut Patuhi Peraturan Wali kota tentang Pengelolaan Dana Kampung

0
251
Wakil wali kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru MM., saat memberikan keterangan. (Graciio /LintasPapua.Com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Seluruh Kepala Kampung di Kota Jayapura dituntut untuk mentaati peraturan wali kota mengenai pengelolaan dana Kampung.

Pernyataan Wakil wali kota Jayapura Ir. H. Rustan Saru MM., menyikapi kasus hukum yang menyebabkan kepala Kampung Koya Koso (mantan) diproses oleh kepolisian.

“Kita berharap, kasus ini menjadi warning, menjadi peringatan kepada semua kepala Kampung bahwa didalam menggunakan dana Kampung harus berhati-hati,”tegas Rustan, Rabu, (4/12) sore.

Rustan menjelaskan, selain mengukuti peraturan wali kota, perlu juga menggunakan aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) yang telah dikembangkan Badan Pengawasan, Keuangan dan Pembangunan (BPKP) pusat yang mempermudah proses pengimputan data.

“Sehingga pembuatan laporan dan program pekerjaan dan pelaksanaan itu terkoordinasi dan terintegrasi sehingga betul-betul tuntas,” ujarnya.

“Dengan begitu, sistem administrasinya pasti berjalan dengan baik, terbuka, mudah diperiksa dan dikoreksi sehingga betul-betul bisa tertib administrasi,” kata Rustan mengingatkan.

Hal ini lanjut kata Rustan, menjadi penekanan kepada Kepala Pemerintahan Kampung (KPK) agar sekali lagi betul-betul mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk peraturan walikota yang kaitannya dengan penggunaan dana Kampung dan pelaksanaan dana Kampung termasuk pertanggung jawaban. (Gracio/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here