KPA Keerom Akan Gelar Beragam Kegiatan Meriahkan Hari AIDS se – Dunia 1 Desember 2019

0
646
Rapat persiapan kegiatan Hari AIDS Sedunia (HAS) Tahun 2019 Kabupaten Keerom dipimpin Ketua Panitia, Piter Gusbager SHut, MUP. Arief (LPC)
Rapat persiapan kegiatan Hari AIDS Sedunia (HAS) Tahun 2019 Kabupaten Keerom dipimpin Ketua Panitia, Piter Gusbager SHut, MUP. Arief (LPC)

KEEROM (LINTAS PAPUA) – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Keerom merencanakan akan menggelar beragam kegiatan dalam rangka Hari AIDS Se-Dunia (HAS) Tahun 2019, di Kabupaten Keerom, 1 Desember mendatang.

Dalam rangka menyukseskan dan mempersiapkan acara yang bakal digelar tanggal 30 Nov 2019 dan 1 Des 2019, KPA Keerom telah melakukan rapat persiapan dan penyusunan program kegiatan. Ketua Harian KPA Keerom, yang juga Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager SHut, MUP, memimpin rapat tersebut di ruang rapat WaKIL Bupati Keerom, Rabu (27/11/2019).

Turut hadir dalam rapat tersebut Asisten I Setda, Sucahyo Agung, SIP, MA, Pabung Keerom, Mayor INF.Lodwick Woria, Sekretaris KPA Keerom, Yusnita Pabeno, AMd.Kep. dan tamu undangan lainnya.

Wabup pada saat pembukaan mengemukakan harapannya agar kegiatan HAS tahun 2019 benar-benar bisa melibatkan khalayak lebih luas sehingga tujuan utama peringatan HAS adalah untuk memberikan informasi atau kampanye terhadap masyarakat akan terwujud.

“Masalah AIDS ini jangan lagi sebagai masalah yang dianggap tabu untuk dibicarakan. Karena didaerah luar sana dengan lebih banyak masyarakat diajak bicara tentang AIDS akan semakin meningkatkan kesadaran mereka tentang bahaya dan bagaimana menghindari AIDS sehingga pada gilirannya akan makin meminimalkan penyebaran AIDS,’’ ungkapnya.

Untuk itu menurutnya beragam kegiatan perlu digelar untuk lebih meningkatkan keterlibatan masyarakat terhadap bahaya AIDS. Termasuk ia berharap agar masyarakat di wilayah timur seperti di Arso Timur juga lebih dilibatkan pada peringatan HAS tahun ini. Namun perlu juga diperhatikan dengan waktu kegiatan yang makin sempit persiapannya.

Dengan pertimbangan tersebut akhirnya panitia memutuskan beberapa menggelar beberapa kegiatan termasuk perubahan kegiatan. Diantaranya rencana kegiatan lari 10K yang kemudian dirubah menjadi jalan santai keluarga, karena dinilai akan lebih melibatkan masyarakat secara lebih luas.

Adapun keputusan hasil rapat tersebut diantaranya titel kegiatan adalah ‘Keerom Bergerak, Hari AIDS Sedunia.’ Kegiatan dipusatkan di Pasar Yuwanain Arso II, adapun jalan santai mengambil start di Gereja Willibrodus, Arso Kota dengan finish di Pasar arso II pada Sabtu, 30 November 2019. Seluruh masyarakat dan unsur ASN, TNI dan Polri diharapkan meramaikan kegiatan ini.

Selanjutnya akan digelar beragam kegiatan diantaranya lomba mewarnai tingkat PAUD, TK dan SD kelas 1-3. Lomba menggambar tingkat SLTP dan SLTA. Serta lomba goyang Aster untuk kategori pelajar dan umum. (Arief/Lintas Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here