Muh Thamrin Ruddin, Terpilih Jadi Ketua Fraksi Kebangkitan, Solidaritas dan Demokrat

0
476
Ketua Fraksi Kebangkitan, Solidaritas dan Demokrat DPRD Kota Jayapura, H. Muh. Thamrin Ruddin. (Irfan /LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Tiga partai politik (Parpol) yang sepakat berkoalisi di DPRD Kota Jayapura diantaranya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Demokrat (PD) menunjuk H. Muh. Thamrin Ruddin, sebagai Ketua Fraksi Kebangkitan, Solidaritas dan Demokrat DPRD Kabupaten Jayapura untuk periode 2019-2024.

Ini artinya H. Muh. Thamrin Ruddin, diberi kepercayaan memimpin Fraksi Kebangkitan, Solidaritas dan Demokrat periode 2019-2024.

Ditanya wartawan media online ini perihal penunjukan dan dipercayakan dirinya sebagai Ketua Fraksi Kebangkitan, Solidaritas dan Demokrat DPRD Kota Jayapura, H. Muh. Thamrin Ruddin, menganggap hal itu sebagai amanah untuk mempersatukan dan juga memperkuat apa yang selama ini sudah dianggap baik.

“Ini amanah ya, dan jelas setelah saya dipercayakan sebagai Ketua Fraksi Kebangkitan, Solidaritas dan Demokrat DPRD Kota Jayapura, yang pertama saya akan lakukan itu pasti saya mengkondisikan teman-teman saya di Fraksi Kebangkitan, Solidaritas dan Demokrat untuk kita semakin solid. Karena di fraksi ini ada tiga partai politik koalisi yang bergabung dengan delapan anggota di dalamnya, dan pasti masing-masing mempunyai kepentingan yang berbeda,” bebernya saat ditemui di Pasar Lama Abepura, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Minggu (24/11/2019) malam.

“Tapi, pertama yang saya usahakan adalah mempersatukan para anggota Fraksi Kebangkitan, Solidaritas dan Demokrat. Kemudian langkah selanjut yang akan saya lakukan, kita selalu membangun komunikasi yang intens antar anggota fraksi,” lanjut pria yang akrab disapa Thamrin.

Anggota DPRD Kota Jayapura Dapil Abepura ini menyampaikan, pihaknya tetap menjalin komunikasi yang baik dengan semua anggota fraksi.

“Kebetulan kami di Fraksi Kebangkitan, Solidaritas dan Demokrat ini tergabung dari tiga partai politik koalisi Yang beranggotakan delapan orang. Yakni, PKB dengan tiga kursi, PSI dengan dua kursi dan Partai Demokrat dengan tiga kursi. Jadi, semuanya berjumlah delapan kursi di fraksi ini,” paparnya.

Politisi PKB ini kemudian menjelaskan sejumlah komitmen sebagai anggota DPRD yang baru dan ditunjuk sebagai Ketua Fraksi Kebangkitan, Solidaritas dan Demokrat di DPRD Kota Jayapura.

Pertama, sebagai anggota DPRD wajib hukumnya untuk berani tampil dan juga berani bersuara kritis terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah daerah yang tidak berpihak sama rakyat.

“Jadi, kita harus berani tampil dan mengkritik kebijakan pemerintah daerah. Itu wajib hukumnya, karena kita terjun ke dunia politik ini untuk membela kepentingan rakyat. Kami pun berharap pemikiran teman-teman dengan saya selaku Ketua Fraksi harus sama dan seirama. Sehingga kita benar-benar untuk mengawal aspirasi rakyat dan kita bekerja untuk rakyat, bagaimana kehidupan rakyat ini bisa menjadi lebih baik dan sejahtera dari sebelumnya,” terang Thamrin.

Dengan adanya Fraksi Kebangkitan, Solidaritas dan Demokrat di DPRD Kota Jyapura, lanjut Thamrin, diharapkan menjadi kekuatan penyeimbang pemerintah dalam relasi check and balances yang bersifat kritis dan juga konstruktif.

Menurut pria yang juga pengusaha ini, itulah peran dari lembaga Legislatif yang semestinya, dan ini buka soal oposisi serta koalisi dalam perspektif politik praktis.

“Kami tetap selalu membangun komunikasi, karena apapun judulnya itu partai politik inikan masing-masing punya tujuan. Saya juga selaku ketua fraksi, ya selalu mengambil keputusan bukan keputusan pribadi saya sendiri. Tapi, bagaimana keputusan yang diambil itu adalah keputusan bersama. Artinya, ketiga partai ini sama-sama mempunyai misi yang sama,” tutup Thamrin yang juga Anggota Komisi C DPRD Kota Jayapura. (Irf / LintasPapua.Com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here