Wauw, Kitorang Pu Danau Love Dapat Anugerah Pesona Indonesia Award 2019

0
908
Danau Love memiliki nama asli Danau Emfote. Namun karena bentuk Danau-nya yang menyerupai hati, masyarakat lebih sering menyebutnya sebagai Danau Love, berada di Kabupaten Jayapura. (Eveerth Joumilena /LPC)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Danau Love Kabupaten Jayapura mendapat penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019. Penghargaan diterima oleh Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayanto dalam acara malam API  2019, di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat (22/11/2019).

Danau Love atau yang disebut Emfote berada di Kabupaten Jayapura, sebagai salah satu pusat wisata. (Eveerth Joumilena /LPC)
Seorang Warga saat selfi di Lokasi Wisata Danau Love. (Eveerth Joumilena /LPC)

 

Penghargaan ini diberikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan PT. Ayo Jalan Jalan.

Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural, Guntur Sakti menyambut baik diselenggarakannya API yang tahun ini memasuki tahun ke-4.

“Harapannya ajang ini sekaligus dapat menjadi cara efektif dalam mempromosikan berbagai objek dan destinasi wisata populer di tanah air,” ujar Guntur Sakti.

Pelaksanaan kegiatan API berlangsung selama tujuh bulan yakni dari Mei 2019 hingga November 2019. Adapun rangkaian kegiatan dimulai dari pendaftaran, seleksi nominasi, pembukaan vote, promosi dan kampanye pariwisata Indonesia, roadshow dan sosialisasi, dan ditutup dengan pemberian penghargaan pariwisata terpopuler Indonesia (API) 2019.

Pelaksanaan vote oleh masyarakat berlangsung pada 1 Juni 2019 hingga 31 Oktober 2019.

Wakil Bupati Kabupaten Jayapura, Giri Wijayanto saat menrima penghargaan API 2019 Kementrian Pariwiisata dan EKonomi Kreatif untuk kategori Destinasi Baru Terpopuler. Doc. Kominfo Jayapura (LPC)
Wakil Bupati Kabupaten Jayapura, Giri Wijayanto saat menrima penghargaan API 2019 Kementrian Pariwiisata dan EKonomi Kreatif untuk kategori Destinasi Baru Terpopuler. (Doc. Kominfo Jayapura/LPC)

Ada 18 kategori penghargaan API 2019 ini, yaitu; Objek Wisata Belanja Terpopuler, Ekowisata Terpopuler, Tujuan Wisata Terpopuler, Situs Sejarah Terpopuler, Objek Wisata Unik Terpopuler, Surga Tersembunyi Terpopuler, Dataran Tinggi Terpopuler, Wisata Olahraga dan Petualangan Terpopuler.

Selain itu Wisata Air Terpopuler, Promosi Pariwisata Digital Terpopuler, Cinderamata Terpopuler, Kampung Adat Terpopuler, Wisata Halal Terpopuler, Festival Pariwisata Terpopuler, Makanan Tradisional Terpopuler, Minuman Tradisional Terpopuler, dan Wisata Kreatif Terpopuler.

Total 18 kategori tersebut di atas masih ditambah dengan 2 gelar bergengsi lainnya yaitu Juara Terfavorit dan Juara Umum API Awards 2019.

Danau Love menjadi  pemenang urutan kedua untuk kategori Destinasi Baru Terpopuler. Juara  1 dipeorleh Pule Payung (Kab. Kulon Progo) dan posisi 3 diperoleh oleh  Tepian Bandar Sungai Jantan (Kab. Siak).

API tahun ini juga menyematkan gelar juara  Terfavorit API Awards 2019 kepada Mangrove Forest Park (Kota Langsa), dan  Juara Umum API Awards 2019 diperoleh Provinsi Jambi.

Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayanto menyampaikan terima kasih kepada Kementrian Pariwisata Ekonomi Kreatif dan tim penilai  API 2019 atas perhatian dan apresiasinya kepada pengembangan pariwisata di Kabupaten Jayapura. Dirinya berharap penghargaan ini menjadikan cambuk dan semangat untuk pengembangan Pariwisata di Jayapura lebih baik lagi.

Dalam malam penghargaan tersebut, selain Wakil Bupati Jayapura, juga hadir  Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura, Joko Sunaryo dan Pelaksana Tugas  Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon. (Richard Mayor / LPC)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here