Potensi Wisata Pantai Marama Distrik Ravenirara Menjanjikan Kenangan

0
907
Pantai Marama merupakan salah satu obyek wisata yang terletak di daerah terpencil kabupaten jayapura, tepatnya di distrik Ravenirara Kampung Necheibe. Tampak seorang pengunjung Robert Yau Kromsian sedang mengabadikan moment indah di pinggiran pantai tersebut. (ISTIMEWA)

RAVENIRARA (LINTAS PAPUA)  –  Pantai Marama merupakan salah satu obyek wisata yang terletak di daerah terpencil Kabupaten Jayapura, tepatnya di distrik Ravenirara Kampung Necheibe.

Pantai Marama memiliki pasir putih yang indah,dihiasi tebing yang menjulang tinggi, posisi pantai rarama ini berhadapan langsung dengan lautan bebas,  desiran ombak seakan-akan menghadirkan keunikan di pantai Marama,  para pengunjung yang datang ingin betah dengan keindahan alamnya, lokasi Pantai Marama memiliki panjang kurang lebih 700 m, disudut  pantai Marama sendiri ada aliran air sungai yang bersih yang mengalir lagsung dari pegunungan Gunung Cyclop.

Pantai marama belum di kenal secara luas seperti daerah wisata lainnya di papua,hal ini diakibatkan  karena akses ke pantai marama  harus melewati lautan,dan sering mendapat tantangan dengan gelombang laut, perjalanan laut ke pantai marama distrik Ravenirara menggunakan speed boud dengan titik keberangkatan awal  melalui hamadi.

 

Pantai marama  selalu di jaga ketat oleh Bapak Ondoafi kKmpung Necheibe Bapak Gustaf Toto sebagai pemilik lokasih, agar tetap alami dan terhindar dari kerusakan lingkungan yang disengaja oleh indivi-individu yang tidak bertanggung jawab.

Pantai Marama ini punya nilai sejarah tersendiri bagi suku-suku yang pernah ada disini sejak  dulu, bpk.Gustaf juga menambahkan bahwa setiap minggu saya selalu control lokasih ini agar tetap alami.

Di pantai Marama telah di bangun Homestay sederhada berbahan local oleh Bapak Ondo Gustaf Toto, agar pengunjung yang ingin menginap biasa menggunakannya untuk bermalam, Yahya Laurens salah satu dari Tim kajian Lembaga Adat pt.PPMA dan LITBANG kabupaten jayapura saat berkunjung kesana berpendapat bahwa, lokasih pantai Marama harus dijadikan Spot Destinasi Wisata di kabupaten jayapura, karena memiliki keunikan tersendiri, dari keberadaannya saja jauh dari perkotaan, berarti areal ini bisa dijadikan sebagai tempat kegiatan OUT BONT, Pantai

Yahya Laurens salah satu dari Tim kajian Lembaga Adat pt.PPMA dan LITBANG kabupaten jayapura saat berkunjung kesana berpendapat bahwa, lokasih pantai Marama harus dijadikan Spot Destinasih Wisata di kabupaten jayapura. (ISTIMEWA)

“Marama tempatnya Strategis sekali,apalagi disekeliling Home stay ada buah-buahan juga adan tanaman munga-bunga yang mengiasihnya, lokasihnya bisa dibuat perkemahan, peserta juga di manjakan dengan ikan-ikan laut yang tidak sulit untuk di pancning. Yahnya meminta kepada Pemerintah Daerah untuk bias melakukan kunjungan atau semaca monitoring,agar potensi-potensi yang ada di masyarakat bias dikembangkan,” tuturnya.  (Dikutip dari https://neicheibe.kampungadat.id/potensi-wisata-pantai-marama-distrik-ravenirara-menjanjikan-kenangan/ )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here