JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Peresmian Pimpinan DPRD Kota Jayapura periode 2019 – 2024 diharapkan segera percepat penetapan APBD 2020. Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM., menyoroti percepatan penetapan APBD, yang selama 7 tahun belakangan termasuk paling cepat dalam menetapkan APBD.

“Segera bergerak cepat karena pemerintah Kota Jayapura selama 7 tahun paling cepat dalam menetapkan APBD. Hal tersebut mendapat apresiasi Kemendagri dan Kemenkeu dalam penetapan APBD Kota Jayapura,” katanya pasca peresmian pimpinan DPRD Kota Jayapura, Senin 18 November 2019.

Upacara Peresmian tersebut menetapkan pimpinan definitif antata lain Ketua DPRD Kota Jayapura Abisai Rollo, SH dari partai Golkar, Wakil Ketua I DPRD Kota Jayapura Jhon Yisai Betaubun, SH, M.Si dari partai PDI-P, dan Wakil Ketua II Silas Youwe dari partai Nasdem. Peresmian tersebut diharapkan mampu mengejar waktu satu bulan tersisa untuk menetapkan APBD Kota Jayapura tahun 2020.

Wali Kota menargetkan di bulan November 2019 bisa membahas APBD, setelah membentuk alat kelengkapan dewan. Kemudian, sidang Perda, lalu masuk dalam sidang pembahasan APBD tahun 2020. Ia juga menargetkan tertanggal 31 Desember 2019, APBD Kota Jayapura tahun 2020 sudah siap, atau tertanggal 1 Desember 2019 sudah ada penetapan APBD Kota Jayapura tahun 2020, tapi sesuai dengan agenda dan prosedur program kerja kesepakatan bersama antara eksekutif dan legislatif dalam penetapan APBD.

“Itu saya harapkan agar legislatif bergerak cepat karena akan mempengaruhi kalau kita terlambat menetapkan APBD kita, akan mempengaruhi DED, DAU dan DAK juga akan terpengaruh, ketua DPRD Kota Jayapura Abisai Rollo bukan orang baru sebagai pimpinan dewan, saya harapkan bisa bersinergi bersama saya untuk melayani rakyat untuk membangun Port Numbay ke depan yang lebih baik,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Jayapura periode 2019 – 2024 Abisai Rollo, SH mengatakan pihaknya akan terus menjalin berkerjasama dan hubungan dengan anggota dewan dan komponen masyarakat ke depannya. Kemudian, fokus pada penetapan APBD Kota Jayapura tahun 2020. “Waktu kita tinggal sebulan untuk menetapkan APBD Kota Jayapura yang menjadi tugas pertama sebagai pimpinan definitif DPRD Kota Jayapura,” katanya. (HUMAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here