Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan dan pelantikan Pimpinan DPRD Kabupaten Jayapura periode 2019-2024. (Irfan /LPC)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Pimpinan DPRD Kabupaten Jayapura periode 2019-2024 resmi dilantik, dalam rapat paripurna yang berlangsung di Ruang Sidang Kantor DPRD Kabupaten Jayapura, Kompleks Perkantoran Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (18/11/2019) kemarin sore.

Para pimpinan DPRD Kabupaten Jayapura yang dilantik tersebut yakni, Klemens Hamo dari Partai NasDem sebagai Ketua, dan Wakil Ketua I H. Muhammad Amin dari PKB dan Wakil Ketua II Patrinus R. N. Sorontou dari PDIP.

Pelantikan tiga pimpinan DPRD Kabupaten Jayapura itu dipimpin langsung Ketua Sementara DPRD Kabupaten Jayapura Klemens Hamo, dan pengambilan sumpah/janji oleh Ketua PN Jayapura, Setyawan Hartono, SH, MH.

Surat Keputusan (SK) Pimpinan DPRD Kabupaten Jayapura bernomor 155/152 tahun 2019 yang ditandatangani oleh Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe, S.IP, M.H, dibacakan langsung oleh Sekretaris DPRD Kabupaten Jayapura, Abdul Hamid Toffir, S.Sos, M.Ap.

Pelantikan Pimpinan DPRD Kabupaten Jayapura periode 2019-2024 yang berlangsung dalam suasana penuh hikmat itu dihadiri oleh seluruh Anggota DPRD Kabupaten Jayapura, juga hadir Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, didampingi Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro dan unsur Forkompimda dan Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jayapura.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, dalam sambutannya mengatakan, pelantikan ketua definitif merupakan puncak dari seluruh proses demokrasi pada pemilu lalu. Ia mewakili masyarakat Kabupaten Jayapura mengucapkan selamat bertugas kepada pimpinan definitif beserta jajarannya.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, saat diwawancara usai menghadiri pelantikan pimpinan dewan tetap DPRD Kabupaten Jayapura. (Irfan /LPC)

“Mulai saat ini kita ada dalam satu kesatuan untuk ciptakan Kabupaten Jayapura lebih baik, untuk itu kiranya Legislatif bisa bangun hubungan kerja untuk sesuai visi misi kabupaten Jayapura , diluar dari itu bukan kewajiban bersama,” ungkapnya.

Mathius Awoitauw juga menambahkan, masyarakat Kabupaten Jayapura saat sekarang sedang menaruh harapan besar kepada para wakilnya di parlemen, kekurangan di waktu lampau kiranya bisa menjadi pelajaran penting bagi pimpinan dan anggota dewan lain untuk wujudkan visi misi Pemerintah Kabupaten Jayapura demi kesejahteraan rakyat.

“Distrik akan menjadi pusat data, distrik juga akan menjadi pusat pelatihan, sehingga sebagian kewenangan akan diberikan ke distrik. Hal ini agar memudahkan urusan layanan ke masyarakat. Kita juga sudah buat komitmen bersama KPK beberapa waktu lalu, anggota dewan harus bisa kawal komitmen tersebut,” tukasnya.

Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Klemens Hamo. (Irfan /LPC)

Setelah dilantik, sejumlah program dan agenda kerja sudah menunggu para pimpinan DPRD Kabupaten Jayapura. Antara lain penyusunan tata tertib (Tatib) dewan, pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD), pembahasan draf Kebijakan Umum Anggaran-Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun 2020 dan juga pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Induk Kabupaten Jayapura tahun 2020. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here