Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomu Mano, saat Menandatangani Prasasti Peresmian Sekretariat HMI Jayapura. (Gracio (LPC)
Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomu Mano, saat Menandatangani Prasasti Peresmian Sekretariat HMI Jayapura. (Gracio (LPC)

 

Setelah kurang lebih sembilan tahun gedung Sekretariat bersama Graha Insan Cita (GIC) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jayapura akhirnya diresmikan.

Peresmian GIC oleh Walikota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM, Prof l.DR.Harry Azhar Aziz, selaku Presidium Pimpinan Majelis Nasional KAHMI, dan Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang juga adalah Alumni HMI Cabang Jayapura, Bahlil Lahadalia yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita.

Rumah besar bersama GIC KAHMI dan HMI Papua terletak di perumahan Skyline Residence, Kotaraja, Kota Jayapura, Papua.

Ketua KAHMI Papua, Ahmad Idrus menyampaikan, HMI hadir di Papua sejak tahun 1969, dan semenjak mulai peletakan batu pertama pembangunan gedung graha HMI di tahun 2011sempat terhenti.

” 2017 awal pembangunannya, dan dibarulah 2019 ini bisa diresmikan sehingga kita memiliki gedung sekertariat seperti ini,” Ungkap Idrus, Sabtu, (16/11/2019).

Sekertariat ini kata Idrus, akan dipergunakan bagi KAHMI Kota Jayapura maupun provinsi, Badan Pengurus Kordinasi ( BADKO HMI) Papua dan Papua barat, maupun HMI Cabang Jayapura.

Sementara Prof DR Harry Azhar Aziz, selaku Presidium Pimpinan Majelis Nasional KAHMI menegaskan dengan di resmikannya gedung ini merupakan satu prestasi bagi KAHMI dan HMI di Papua.

“Semenjak kunjungan saya ke beberapa daerah tidak banyak didaerah yang memiliki gedung sekertariat seperti di Papua.Ini juga tidak terlepas atas bantuan dan partisipasi para alumni, pejabat daerah, bantuan juga dari menteri,” Katanya.

Gedung ini diharapkan, dipergunakan dengan sebaik-baiknya sehingga dapat menjadi pusat untuk latihan dalam menyiapkan kader-kader HMI yang berguna bagi daerah dan bagi Indonesia.

Terkait dengan pembinaan HMI kepada mahasiswa dirinya menyatakan yang menjadi kunci untuk pengkaderan HMI untuk Korps Alumni HMI ( KAHMI) adalah memprioritaskan pada dua hal.

“Pertama menurut saya paling dasar, menengah dan atas itu ada K1, K2, dan K3, yang kedua kita juga mendorong untuk kader HMI mendapat beasiswa negara,” Ujarnya.

Menurutnya kader HMI yang akan di prioritaskan mendapat beasiswa negara yaitu yang berprestasi akademis dan akan memperoleh biaya beasiswa S2 sampai S3.

“Insan akademis itu menjadi perhatian yang penting karena tidak ada cara untuk membuat rakyat kita cerdas kecuali kader-kader HMI kita dijadikan Insan akademis sampai yang setinggi- tingginya,” Jelasnya.

Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano menambahkan pihaknya sangat bangga dan memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada HMI yang telah berjuang keras dengan segala keterbatasan dapat mendirikan bangunan tempat aktivitas organisasi yang kokoh.

Ia menaruh harapan kepada lembaga HMI dan KAHMI sebagai partner pemerintah dalam pembangunan di dalam wilayah ini yaitu dengan adanya gedung sekretariat permanen ini semakin meningkatkan peran dan semangat aktivitas keorganisasian terutama semakin aktif menyiapkan kader-kader aktif dan berkualitas.

“Bersama alumni juga kiranya kita dapat bersinergi dengan organisasi strategis lainnya untuk meningkatkan peran aktif berkontribusi dan karya pengabdiannya untuk kebangkitan dan kemajuan Tanah Papua yang kita cintai bersama,” kata Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano.

(Gracio/Lintas Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here