SKPD Keerom Ikuti Sosialisasi ‘Palapa Ring Timur’ dan ‘E-Lapor’

0
237
Suasana kegiatan sosialisasi beroperasinya ‘Palapa Ring Timur’ dan E-Lapor oleh Diskominfo Keerom yang diikuti SKPD di Ruang Rapat Bupati Keerom, Rabu (13/11/2019) kemarin. (Arief / LPC)

Megiken Bangun : Diharap Makin Mengefisienkan Biaya SKPD untuk Jaringan Internet

KEEROM (LINTAS PAPUA)  – Dalam rangka lebih mengenalkan kepada pihak terjait menyangkut telah beroperasinya ‘Projek Palapa Ring Timur Fiber Optik (FO) dan E-Lapor’ maka Diskominfo Keerom menggelar sosialisasi kepada SKPD-SKPD di lingkungan Pemkab Keerom. Kegiatan dilaksanakan di ruang rapat Bupati Keerom, pada Rabu (13/11/2019) kemarin.

Suasana kegiatan sosialisasi beroperasinya ‘Palapa Ring Timur’ dan E-Lapor oleh Diskominfo Keerom yang diikuti SKPD di Ruang Rapat Bupati Keerom, Rabu (13/11/2019) kemarin. (Arief / LPC)

Asisten III, Setda Keerom, Drs. Adrianus Samonsabra bersama Kadis Kominfo Keerom, Megiken Bangun memimpin kegiatan sosialisasi tersebut. Sedangkan beberapa SKPD yang hadir diantaranya inspektorat, DLH, Dispora, Dishub, DPUPR, Bag Hukum, BPKAD, Bapenda, Dinsos, DPMK dan lain-lain.

Asisten III Setda Keerom, Drs. Adrianus Samonsabra, pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa dengan telah adanya ‘projek Palapa Ring Timur’ maka diharapkan Pemkab Keerom dan masyarakat di Keerom bisa mengoptimalkan penggunaannya bagi kemajuan dan pembangunan di Keerom.

‘’Seperti kita tahu banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan penggunaan jaringan internet. Di beberapa daerah bahkan telah dicontohkan secara nasional menggunakan jaringan internet untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, saya kira ini saatnya bagi Keerom melalui SKPD-SKPD untuk menggunakan dan memanfaatkan jaringan Palapa Ring Timur ini untuk optimalisasi kerja dan pelayanan kepada masyarakat,’’ujarnya.

Sementera itu Kadinas Kominfo Keerom, Megiken Bangun, mengemukakan bahwa dengan telah diresmikannya Palapa Ring Timur oleh Presiden maka jaringan fiber optic telah tersedia, tinggal kepada masyarakat dan Pemkab bagaimana menyikapinya.

‘’Tadi dalam rapat, telah dilakukan paparan oleh operator dari Moratel, bahwa untuk penggunaan bandwitch internet saat ini akan semakin luas covernya, makin kualitas sinyal dan makin murah bandwitch, ini tentunya diharapkan bisa makin mengefisienkan biaya yang dikeluarkan SKPD untuk melakukan pembiayaan jaringan internet,’’ujarnya.

Kenapa ? karena menurutnya pembiayaan jaringan yang saat ini dikelola masing-masing SKPD selanjutnya akan dilakukan dengan system satu pintu melalui Kominfo dengan biaya yang lebih murah dan kualitas yang baik serta kuota yang lebih memadai.

Sementara itu dari pihak Moratel yang melakukan paparannya, Stpehen, mengemukakan bahwa pihaknya adalah perusahaan yang telah ditunjuk pemerintah untuk melakukan pemasangan jaringan fiber optuik untuk Palapa Ring Timur dan Palapa Ring Barat.

‘’Jaringan ini telah diresmikan Presiden Jokowi dan kami guaranteed bahwa telah siap beroperasi, dan kami sebagai operator telah siap memberikan layanan untuk penggunaannya dengan lebih berkualitas dan efisien. Banyak Pemkab/Permkot telah menggunakannya untuk meningkatkan kinerja mereka, mulai dari Sumatera hingga Maluku. Untuk Papua, yang telah positif menggunakan adalah Asmat dan kami harap menyusul ke kabupaten lain termasuk Keerom, Jayawijaya dan lainnya,’’terangnya. (arief/LPC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here