Pemkab Jayapura Lepas 180 Peserta Kontingen Pesparani I Tingkat Provinsi Papua

0
346
Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura Timothius Demetouw saat menyerahkan bendera Pataka kepada Ketua LP3K Kabupaten Jayapura Herald J. Berhitu, sebagai tanda dilepasnya Kontingen Pesparani Kabupaten Jayapura secara resmi mengikuti Pesparani I tingkat Provinsi Papua tahun 2019. (Irfan /lintaspapua.com)

Kontingen Pesparani Kabupaten Jayapura Juga Targetkan Juara Umum

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura, Timothius Demetouw melepas Kontingen Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Kabupaten Jayapura yang akan mengikuti kegiatan Pesparani I Tingkat Provinsi Papua, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (13/11/2019) kemarin pagi.

Pelepasan kontingen Pesparani juga dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP, Ketua Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik (LP3K) Kabupaten Jayapura, Herald J. Berhitu, perwakilan TNI-Polri, panitia dan ratusan peserta Pesparani.

Pesparani I tingkat Provinsi Papua akan digelar di Kota Jayapura pada 14 – 18 November 2019 menyelenggarakan delapan kategori lomba.
Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura, Timothius Demetouw mewakili pemerintah Kabupaten Jayapura meminta kepada kontingen untuk selalu menjaga keselamatan dan kesehatan selama mengikuti kegiatan dan nanti saat pulang kembali dengan selamat.
Untuk itu, ia berharap kontingen bisa menjaga dan membawa nama baik serta wibawa kabupaten Jayapura, dan dapat membawa hasil yang memuaskan di ajang Pesparani I tahun 2019 tingkat Provinsi Papua.

Ditempat yang sama, Ketua Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik (LP3K) Kabupaten Jayapura, Herald J. Berhitu menjelaskan, ada beberapa kategori yang di perlombakan dalam kegiatan Pesparani pertama tingkat provinsi Papua tahun ini, diantaranya paduan suara, cerdas cermat, lomba tutur kitab suci dan beberapa jenis lomba lainnya.

“Jadi hari ini (kemarin) mereka pergi booking panggung. Karena besok (hari ini) sudah mulai ikut lomba,” kata Heral Berhitu saat ditemui wartawan, usai pelepasan Kontingen Pesparani Kabupaten Jayapura, Rabu (13/11/2019).

Lomba Pesparani tingkat provinsi ini akan diikuti oleh seluruh kontingen Pesparani dari seluruh Kabupaten/Kota se- Provinsi Papua. Ini merupakan Pesparani pertama yang digelar di tingkat provinsi. Selanjutnya dari kegiatan itu juga sekaligus mencari dan menseleksi siapa kontingen terbaik yang nantinya akan mewakili Provinsi Papua dalam kegiatan Pesparani II tingkat Nasional yang akan diselenggarakan tahun 2020 mendatang di Provinsi NTT.

“Kalau menang disini, maka di 2020 itu akan ke NTT yang merupakan tempat penyelenggaraan Pesparani kedua secara nasional. Kita harap bisa raih kampiun, atau dapat medali gold. Bahkan kalau perlu kita keluar sebagai juara umum agar bisa mewakili Papua pada ajang Pesparani tingkat nasional pada tahun 2020 nanti,” bebernya.

Herald demikian sapaan akrabnya itu optimis bahwa Kontingen Pesparani Kabupaten Jayapura menargetkan kemenangan dalam lomba Pesparani tersebut.

Sehingga dengan begitu nantinya diharapkan bisa mewakili Provinsi Papua di Pesparani II Nasional pada tahun 2020 mendatang. Sehubungan dengan itu, kata Herald, bentuk persiapan yang dilakukan pihaknya sebelum mengikuti kegiatan Pesparani ini telah menggelar latihan rutin dalam kurun waktu selama tiga bulan.

“Total semua peserta yang ikut serta dalam kegiatan ini ada 180 orang dan ditambah 29 orang pendamping/official. Jadi semuanya total berjumlah 209 orang dan mereka berasal dari berbagai latar belakang atau profesi,” jelas pria yang juga menjabat Kepala Dispendukcapil Kabupaten Jayapura.

Dirinya menambahkan, kegiatan Pesparani tahun 2019 ini agak sedikit berbeda dengan yang sudah pernah dilakukan pada dua tahun sebelumnya. Jika sebelumnya hanya ditunjuk dari panitia. Tapi, untuk kali ini tahapannya di seleksi mulai dari lingkungan hingga di tingkat Paroki. Sehingga yang ikut serta dalam kegiatan Pesparani ini merupakan kumpulan dari orang-orang yang memang memiliki bakat dan juga kemampuan di bidang yang akan ikut dilombakan itu. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here