Hari Ini, Dinas TPH Kabupaten Jayapura Adakan Gerakan Tanam Sayur Vertikultur

0
206
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Jayapura, Adolf Yoku, SP, MM. (irfan /LPC)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, Adolf Yoku, SP, MM, pada hari Kamis (14/11/2019) ini akan melakukan gerakan penanaman sayur dan buah secara vertikultur, di Kampung Ifar Besar, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

Pencanangan ini sebagai dukungan untuk menjadikan Danau Sentani sebagai ikon wisata dan juga mendukung pelaksanaan iven Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 nanti. Yang mana, Kabupaten Jayapura menjadi tuan rumah, baik untuk pembukaan serta penutupan ajang olahraga terakbar di Indonesia.

“Untuk acara besok (hari ini), kita dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura itu akan melaksanakan Gerakan Menanam Sayur secara Vertikultur di pinggiran Danau Sentani,” ujar Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, Adolf Yoku, SP, MM, saat dikonfirmasi wartawan usai menghadiri acara Sosialisasi Desa Mandiri Internet dan Peningkatan Konektivitas Akses Internet BAKTI-BUMDES-ISP, di Suni Garden Lake Hotel and Resort, Hawaii, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (13/11/2019) kemarin sore.

“Gerakan penanaman sayur secara vertikultur ini, dalam rangka mendukung kampung wisata adat. Lalu di dalam kampung wisata adat itu kan didukung oleh beberapa tim ekonomi. Jadi, semua ini juga dalam rangka kita mensosialisasikan atau mengingatkan kepada warga, bahwa dalam waktu dekat (tahun 2020) itu juga ada PON dan kita di Kabupaten Jayapura sebagai tuan rumah. Sehingga, Danau Sentani itu menjadi satu ikon wisata untuk dikunjungi oleh wisatawan,” sambung Adolf Yoku.

Selain gerakan penanaman sayur secara vertikultur ini, juga akan dilakukan penebaran benih ikan Nila sebanyak 6.000-an bibit.

“Selain kita menanam tujuh jenis sayur secara vertikultur, juga nanti ada penebaran ikan Nila sebanyak 6 ribu ekor benih Nila yang akan disebar di depan lokasi penanaman sayur tersebut. Jadi, di depan lokasi itu kita tebar benih ikan Nila, sekaligus juga kita akan lakukan penanaman buah mangga. Di setiap rumah atau kampung itu, kita berikan kepada masyarakat atau per keluarga yang ada di sekitar Danau Sentani itu bibit buah mangga dan wajib untuk mereka tanam,” imbuh pria yang mahir berbahasa Jepang ini.

Acara ini juga akan dihadiri Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Provinsi Papua Semuel Siriwa, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Papua Drs. Fransiscus Xaverius Mote, M.Si, serta sejumlah OPD teknis di tim ekonomi Kabupaten Jayapura. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here