Tanamkan Wawasan Kebangsaan, Kodim Waropen Beri Pembinaan Kepada Pelajar. (Pendam XVII/Cendewasih)
Tanamkan Wawasan Kebangsaan, Kodim Waropen Beri Pembinaan Kepada Pelajar. (Pendam XVII/Cendewasih)

 

WAROPEN (LINTAS PAPUA) – Menyiapkan generasi muda berkarakter, Kodim 1709/Yawa Waropen melalui program pembinaan teritorial terpadu memberikan sosialisasi wawasan kebangsaan kepada para pelajar dari SMK Urfas dan SMA Negeri Waropen, Senin (11/11/2019), berlansung di Gedung Aula SMA Negeri Waropen.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kakesbangpol) Kabupaten Waropen, Yohanis Tanati, S. Pd, M.Si, bersama Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 1709/Yawa Waropen, Lettu Inf. Masngudi, sebagai pembawa materi dikegiatan itu.

Kakesbangpol Waropen Yohanis Tanati saat menyampaikan materi menyebutkan wawasan kebangsaan adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya. Yang mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat dan berbangsa, serta bernegara.

“Untuk menguasai wawasan kebangsaan, hendaknya para pelajar perlu mengetahui dan memahami 4 pilar kebangsaan dalam UUD 1945, serta mengamalkan dari setiap nilai-nilai yang termuat dalam ke-5 sila Panc asila. Pahami kebhinnekaan bangsa kita dengan membangun sikap menghargai dan bekerja sama diantara kita yang berbeda suku, agama, ras dan adat isti-adat (SARA), serta memahami dalam mendukung persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI ()”, kata Kakesbangpol Waropen Yohanis Tanati.

Sementara, Pasiter Kodim 1709/Yawa Waropen menyebutkan sosialisasi wawasan kebangsaan kepada para pelajar, berguna dan menghasilkan generasi muda yang memiliki wawasan dan berwawasan luar tentang kebangsaan. Mereka memiliki rasa nasionalisme dan berjiwa patriot. Karena dampak kemajuan tekhnologi dan informasi saat ini mampu mempengaruhi perilaku dan karakter para pelajar sebagai bagian strategis bangsa ini, karena ditangan merekalah keberlangsungan hidup Bangsa Indonesia di masa depan.

“Untuk itu adik-adik agar lebih giat lagi dalam menuntut ilmu, lebih aktif dalam menyerap ilmu pengetahuan dan tekhnologi, namun harus selalu bijak dalam mengaplikasikannya, karena negara kita sangat kaya akan sumber daya alamnya, sehingga memerlukan orang-orang yang cerdas dengan tangan-tangan terampil dan memiliki wawasan kebangsaan serta beprjiwa rela berkorban dalam mengelolanya,” pungkas Pasiter. ((PENDAM XVII/CENDERAWASIH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here