Surati DPP NasDem, Desak Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Klemens Hamo Diganti

0
666
Ketua DPRD Kabupaten Jayapura sementara, Klemens Hamo. (Irfan /LPC)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Ketua LSM Papua Bangkit, Ir. Hengky Jokhu, telah menyiapkan surat resmi untuk ditujukan kepada Ketua DPP Partai NasDem Surya Paloh, ia meminta agar membatalkan dan juga mengganti figur Ketua DPRD Kabupaten Jayapura yang layak dan pantas dari sisi kapasitas, mental serta intelektual nya.

Surat yang disiapkan Ketua LSM Papua Bangkit kepada Surya Paloh ini agar dapat membatalkan dan mengganti posisi Klemens Hamo yang sekarang ini menjabat sebagai Ketua DPRD Sementara Kabupaten Jayapura yang telah ditunjuk sebagai Ketua DPRD Kabupaten Jayapura definitif dari Partai NasDem.

Ketua LSM Papua Bangkit, Ir. Hengky Jokhu, telah menyiapkan surat resmi untuk ditujukan kepada Ketua DPP Partai NasDem Surya Paloh, demikiain disampaikan dalam keterangan pers. (Irfan /LPC)

Dalam surat tersebut, ia menyampaikan, tentang beberapa hal yang berkembang di masyarakat, terkait penunjukan Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, bahwa bisa mencari figur yang tepat.

“Partai NasDem inikan partai masa depan. Jadi tidak boleh sembarang angkat (tunjuk) orang. Kita tahu latar belakangnya serta track recordnya. Jadi, saya mau katakan kami dari LSM Papua Bangkit sangat meragukan kapasitasnya, mentalnya serta intelektualnya,” kata Hengky Jokhu ketika memberikan keterangan pers di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, pekan kemarin.

Karena itu, dirinya berharap kepada Partai NasDem bisa mencari figur yang lebih layak atau pantas, untuk menjadi Ketua DPRD Kabupaten Jayapura. Bahkan kata dia, seorang Ketua DPRD meskipun itu sifatnya kolektif kolegial, namun menjabat sebagai pimpinan itu harus menunjukan kapasitasnya dan juga kapabilitasnya diatas rata rata. Atau dengan kata lain, seorang pemimpin Dewan harus lebih cerdas, memiliki ide-ide yang lebih brilian dan cemerlang  untuk membangun daerah ini.

“Kalau kemampuan seorang Ketua DPRD di bawah rata rata, maka terlalu muda DPR untuk di dikte oleh eksekutif. Padahal tupoksi DPR itu salah satunya mengawasi pemerintah. Bagaimana bisa melaksanakan fungsinya kalau seorang pimpinan DPR itu tidak punya kapasitas dan kapabilitas,” cetus pria yang pernah sebagai Ketua Kadin Kabupaten Jayapura dengan nada tegas diakhir wawancaranya.

Pilihan Partai NasDem Telah Final

Sebelumnya, Jhon R. Banua dan Klemens Hamo akhirnya resmi mendapat restu dari Partai NasDem untuk menduduki kursi Ketua DPR Papua dan Ketua DPRD Kabupaten Jayapura.

Sebagai partai peraih kursi terbanyak di DPR Papua dan DPRD Kabupaten Jayapura, NasDem memiliki kewenangan untuk menunjuk anggotanya untuk menduduki tampuk pimpinan di dua lembagai legislatif tersebut.
“Ya, Partai NasDem telah merekomendasikan Jhon R. Banua dan Klemens Hamo untuk menjabat ketua DPR Papua dan DPRD Kabupaten Jayapura,” ujar  Ketua DPW Partai NasDem Papua,  Mathius Awoitauw, SE, M.Si, kepada awak media di sela-sela perayaan Bulan Kesehatan Gigi Nasional ke-X tingkat Kabupaten Jayapura Tahun 2019, di Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (19/10/2019) siang pekan kemarin.

Dikatakan, penunjukan seorang anggota DPR Papua dan DPRD Kabupaten Jayapura dari partai NasDem untuk jabatan ketua itu mutlak urusan internal partai.

Sehingga, tidak dibenarkan jika ada pihak-pihak lain yang melakukan intervensi kepada Partai NasDem dalam rangka merekomendasi anggotanya guna menduduki jabatan ketua.

Menurut Mathius, ada berbagai pertimbangan yang digunakan oleh partai peraih kursi terbanyak di DPR Papua dan DPRD Kabupaten Jayapura ini untuk menunjuk anggotanya.   (Irf / LPC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here