Sah, Ikatan Alumni Fisip Uncen Resmi Hadir di Papua

0
1322
Sah, Ikatan Alumni Fisip Uncen Resmi Hadir Di Papua. Richard/LPC
Sah, Ikatan Alumni Fisip Uncen Resmi Hadir di Papua. (Richard/LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas  Cenderawasih, resmi hadir sebagai sebuah organisasi para alumni di lingkungan Universitas  Cenderawasih, setelah mereka dilantik oleh Lembaga Universitas  Cenderawasih, Minggu 10 November 2019, di Hotel Horizon Kotaraja, Kota Jayapura, Papua. Prosesi pengukuhan itu, dilakukan Dekan Fisip Uncen, Dr. Septinus Saa, S.sos.

Ketua Ikatan Keluarga Alumni Fisip Uncen,  Kristin L Mano, S.IP, dalam sambutannya mengatakan prosesi pelantikan ini, dimaknai sebagai berkat, dan juga sebagai ekspresi atas prosesi ini, maka saya mengajak semua untuk memperkatakan syukur dan terima kasih kepada Tuhan yang telah memampukan dan mempertemukan sehingga prosesi pelantikan dapat dilangsungkan.

“Pada kesempatan ini, dapat terkemukakan bahwa aspek moment akan berubah menjadi momentum dan setiap tanggal 10 November pada tahun berganti akan diperingati sebagai perayaan bersama, hari ulang tahun Uncen dan ex officio hari ulang tahun IKA Fisip Uncen,” kata Kristin L Mano, S.IP.

Kristin L Mano menyebutkan prosesi hari ini, bukan sekedar momentum belaka yang diperingati, kehadiran atau semacam sebutan kampus memanggil pulang menjadi pekerjaan rumah, agar pelibatan alumni dapat menjadi bagian yang cukup signifikan terhadap pengembangan dunia pendidikan tinggi. Ekspektasi yang diusung bahwa setidaknya konsolidasi segregasi alumni tiap fakultas. Tetapi juga menjadi agregasi pada tingkat universitas dapat berkiprah untuk mewujudkan cita – cinta dan harapan pengembangan dunia pendidikan tinggi, pengembangan masing-masing fakultas dan terlebih Uncen.

“Lewat ikatan alumni akan berupaya mengasosiasi para alumni agar juga dapat tergerak ketika mendengar suara panggilan sehingga setiap alumni secara persona, tetapi juga menyadari bahwa para alumni pada tubuhnya persona terpatri sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan yang terasosiasi pada organisasi alumni,”  Jelas Kristin L Mano.

Sebut Ketua IKA Fisip Uncen itu, dalam berbagai kecermatan, memilih untuk menghadirkan ikatan alumni adalah berupaya menghadirkan dan mewujudkan peran pendukung sebagai bagian dari kampus agar dua paramter dasar pendidikan yakni : SDM dan tata kelola dapat dikontribusi oleh alumni. tersadari bahwa, ada kondisi tidak menentu dan berharap banyak pada pihak kampus sama dengan menunggu satu abad berlalu, sehingga keberadaan alumni senantiasa akan hadiri memperpendak upaya besar dan tidak menunggu sampai satu abad, jika ada revolusi maka mungkin revolusi pengembangan itu dapat dikontribusi oleh alumni.

Maka semua asosiasi alumni tidak berdiri dalam sekat-sekat identitas fakultas, namun harus ada ide utama sebagai penembus sekat fakultas yakni, menjadi kampuskan Uncen sebagai kampus Internasional, sehingga konsolidasi alumni inter maupun antar harus secepat kilat mendorong peningkatan akreditasi. Tiada maksud lain hanya satu maksud konsolidasi diusung dalam ide pemersatu dan bersama menjayakan masing-masing fakultas tetapi juga untuk Uncen.

“Alumni fisip bahkan semua alumni tidak akan mati, kepekan dan empati terhadap kondisi eksternal kampus dan atas merryt sistem. Alumni rindu untuk mendudukan soal-soal eksternal dengan memberi solusi bahkan pula kritik edukatif sehingga tidak banyak kesesatan dibiarkan tumbuh subur, tanpa mengenal musim. Kesesatan akhir-akhir ini cukup terkwatirkan sehingga memilih tanpa mengenal musim, itulah kondisi yang meneropong hadirnya kesesatan”, Ujar Kristin L Mano.

“Kepada Bapa Rektor Uncen, jika ikatan alumni Uncen terbentuk, maka tersarankan agar komposisi strukturnya adalah ex officio ketua alumni pada masing-masing fakultas. Alumni hadir dan tetap ada untuk kampus dan universitas. Dengan segala potensi yang ada dapat dimaksimalkan untuk pengembangan kampus Fisip dan Uncen sebagai simbolik dan substansial kejayaan pendidikan tinggi di Papua,” pungkasnya. (Richard Mayor / LintasPapua.Com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here