Sekda Hanna Hikoyabi Launching LLTT di Kantor Dinas PUPR

0
291
Sekda Kabupaten Jayapura,  Dra. Hanna S. Hikoyabi, didampingi Kepala Dinas PUPR Kabupaten Jayapura Alpius Toam, ST, M.MT, ketika melaunching Program Penyedotan Layanan Lumpur Tinja Sekda Hanna Hikoyabi Launching LLTT di Kantor Dinas PUPR. (Irfan / lintaspapua.com)

SENTANI (LINTAS PAPUA) –  Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Dra. Hanna S. Hikoyabi melaunching Program Penyedotan Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (LLTT/LLTTT) serta penyerahan IPLT Waibron untuk Dioperasionalkan. Acara ini diselenggarakan di Halaman Kantor Dinas PUPR, Kompleks Perkantoran Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (31/10/2019) kemarin pagi.

Sehingga saat ini Pemerintah Kabupaten Jayapura telah memberlakukan sistem layanan sedot tinja melalui Program LLTT dan telah membangun sistem informasi layanan lumpur tinja bagi pelanggan atau calon pelanggan. Sebab, sanitasi merupakan urusan terdepan yang berkaitan dengan kualitas hidup masyarakat, yang pada akhirnya akan memberi kontribusi terhadap peningkatan kesehatan, juga produktifitas warga Kabupaten Jayapura dalam menentukan keberhasilan pembangunan masa depan Indonesia dan Kabupaten Jayapura.

Demikian kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Jayapura Alpius Toam, ST, M.MT, kepada wartawan usai acara launching program layanan lumpur tinja terjadwal (LLTT) sekaligus Instalasi Pengelolaan Lumpur Tinja (IPLT) yang juga dihadiri oleh berbagai pihak Pemerintah Provinsi Papua, USAID IUWASH PLUS, Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman, Pemerintah Kota Jayapura.

Alpius menambahkan, launcing dan peresmian program layanan lumpur tinja terjadwal (LLTT) merupakan upaya pemerintah kabupaten Jayapura, untuk menumbuhkan kesadaran warga akan pentingnya lingkungan sehat dan bebas dari limbah tinja.

“Banyak sekali masyarakat tidak memiliki pengetahuan dan pemahaman bagaimana selesai masalah lumpur tinja, karena mampet dan lain sebaginya,” terangnya.

Kata Alpius, Program dimaksud setelah launching selanjutnya akan dikenalkan kepala masyarakat umum secara menyeluruh, agar warga masyarakat yang bermukim disekitar kota bisa memanfaatkan fasilitas dari Pemerintah.

Layanan sedot tinja merupakan program baru yang digulirkan, dan program tersebut akan terus dikembangkan sehingga masyarakat yang tinggal di pesisir danau juga akan ikut terlayani.

“Ini direncanakan akan menyentuh sampai ke danau dan bila perlu kita siapkan kapal tangki, tapi ini program jangka panjang. Kita ingin masyarakat kota dan bergerak ke bagian danau,dan ini juga merupakan salah satu pendapatan asli daerah, yang kemudian akan mendongkrak pendapatan asli daerah,” jelasnya.

Selanjutnya, Alpius menjelaskan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan layanan program sedot tinja, Pemda Jayapura akan mengembangkan layanan berbasis online menggunakan aplikasi, sekaligus menghindari kebocoran dana retribusi pungutan.
“Jadi pembayaran semua dapat aman dan terkendali,” tukasnya.

Untuk diketahui setelah acara launching atau peresmian layanan sedot tinja, masyarakat umum kini bisa memanfaatkan layanan tersebut untuk mengatasi keluhan WC yang mampet, dengan menghubungi UPTD PALD pada Dinas PUPR Kabupaten Jayapura, Nomor HP : 081343046001. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here