HMI Komisariat Uniyap Gelar Diskusi : Pemuda Harus Jadi Motor Penggerak Damai dan Pembangunan

0
598
Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, bersama tokoh adat, Abisai Rollo, SH dan Ketua GARBI Papua, M Yamin, SE, MSA, saat tampil dalam Diskusi Publik dalam rangka HSP 2019, yang digelar Uniyap, di Jayapura, Kamis (31/10/2019). (Arif /LPC)

Wabup Keerom, Piter Gusbager, Abisai Rollo dan M Yamin Tampil di Diskusi Publik HSP 2019

KEEROM (LINTAS PAPUA)  – Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, bersama tokoh adat Jayapura, Abisai Rollo, SH dan Ketua GARBI Papua, Dr. M. Yamin Noch, SE, MSA, tampil membahas isu-isu terkini terkait kepemudaan dalam rangka Hari Sumpah Pemuda (HSP) Tahun 2019.

Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, bersama tokoh adat, Abisai Rollo, SH dan Ketua GARBI Papua, M Yamin, SE, MSA, saat tampil dalam Diskusi Publik dalam rangka HSP 2019, yang digelar Uniyap, di Jayapura, Kamis (31/10/2019). (Arif /LPC)

Ketiganya tampil sebagai pembicara dalam Diskusi Publik tentang ‘’Peran pemuda dalam memperkokoh persaudaraan untuk membangun Tanah Papua sebagai rumah kita bersama’’ yang digelar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Uniyap, di Café Humbold pada Kamis (31/10/2019).

Dalam kegiatan yang dihadiri mahasiswa-mahasiswa Uniyap dan beberapa tamu undangan tersebut, ketiga pembicara (pemantik) dengan dimoderatori Ketua HMI Komisariat Uniyap, Abdullah Sigit Renwarin dan tokoh muda lainnya yaitu Akbar S Pasolo, tersebut menyampaikan beberapa visi dan pandangannya tentang pemuda serta perannya untuk memperkokoh persaudaraan.

Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, usai kegiatan, kepada wartawan mengemukakan bahwa perjuangan pemuda sejak tahun 1928 bukan berarti telah selesai. Namun harus dilanjutkan oleh pemuda-pemuda jaman sekarang.

‘’Ikrar pemuda tersebut harus kita isi dengan tindakan nyata, apalagi kegiatan teman-teman dari HMI ini positif maka sebagai Wakil Bupati dan wakil tokoh pemuda, maka kami mendukung kepada semua OKP maupun pihak manapun yang mau membawa hal positif bagi Papua dan Indonesia,’’ungkapnya

Untuk itu ia mengajak semua pemuda dari semua OKP untuk berdiri paling depan untuk membangun Papua. ‘’Semua pikiran-pikiran positif dan tindakan positif, sebagai tokoh muda saya akan memberikan dukungan full untuk membangun Papua, untuk menjaga Papua dari semua hal-hal buruk, mari kita bangun tanah Papua dalam kebersamaan untuk Indonesia,’’lanjutnya.

Tokoh masyarakat Jayapura, Abisai Rollo, SH., saat memberikan keterangan kepada media. (Arif /LPC)

Sementara itu Tokoh adat dan Tokoh masyarakat Jayapura, Abisai Rollo, SH, mengemukakan menyambut positif kegiatan tersebut. Menurut Abisai Rollo, bahwa pemuda harus inovatif, kreatif.

‘’Mari kita bersatu menjadi tulang punggung bangsa Indonesia, tulang punggung tanah Papua, lebih khusus tulamng punggung di Kota Jayapura. Kita bersatu, membangun kota kita bangun Indonesia,’’lanjutnya.

Praktisi, Dr. Muhammad Yamin Noch SE, MSA (Ketua Umum GARBI Papua). (Arief /LPC)

Selain itu ia mengingatkan pemuda jangan sampai terlibat hal-hal negative. ‘’Jangan terlibat hal negative seperti ganja, narkoba, menyebar hoax. Mari kita menjaga kebersamaan, tak ada lagi perbedaan suku, ras untuk bangun tanah ini dan negara ini demi anak dan cucu kita kedepan,’’pesannya.

Sedangkan dari Praktisi, Dr. Muhammad Yamin Noch SE, MSA (Ketua Umum GARBI Papua) mengemukakan bahwa rasa syukurnya karena sumber daya Indonesia sungguh besar dan luas. ‘’Hari ini kita tidak bicara lagi sumber daya alam karena tentu sangat terbatas, kita juga diingatkan bahwa SDA ini harus di jaga agar ke depan anak cucu kita masih sempat menikmati,’’lanjutnya.

Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, saat memberikan pemikirannya dalam diskusi. (Arief /LPC)

Ia juga mengingatkan Indonesia akan menghadapi bonus demografi, untuk itu harus bisa dimanfaatkan dengan baik hal tersebut.

‘’Dibanding dengan jumlah penduduk dunia maka Indonesia ini menjadikan sebuah peluang baru kita Pemuda bahwa tantangan ke depan. Dalam persoalan-persoalan yang belum tuntas dikalangan kita tantangan kita hari ini,bahwa untuk menjawab tentang gelombang kita perlu mempersiapkan pertama kita yakin pak Jokowi memberi terkait dengan masalah kehidupan kita harus menggodok pemasaran ke sekolah-sekolah,’’lanjutnya.

Ketua HMI Komisariat Uniyap, Abdullah Sigit Renwarin,. (Arif /LPC)

Sedangkan Ketua HMI Komisariat Uniyap, Abdullah Sigit Renwarin, menyampaikan diskusi ini digelar untuk menyikapi kondisi Papua saat ini. Karena dengan diskusi pemuda akan meningkatkan daya kualitas untuk membangun tanah papua.

‘’Dari pembicaraan ini maka kita akan lakukan tindak lanjut dengan membangun konsolidasi dan rekonsiliasi untuk membangun Papua kedepan yang lebih baik,’’ujarnya..

Dilanjutkan diskusi terbuka oleh para mahasiswa dan penyerahan piagam keikutsertaan kepada Bupati Keerom, Abisai Rollo dan lainnya. Menyanyikan lagu kebangsaan “Bagimu Negeri’ dilanjutkan Doa penutup oleh kerohaniawan Semua keadaan Aman dan tertib. (arief/LPC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here