Wabup Piter Gusbager Serahkan Bantuan Alat Kelola Sagu dan Bibit Mangga di Keerom

0
640
Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, dan Kadinas Kehutanan Prav Papua, Yan Yap L Ormuseray, saat menyerahkan bantuan peralatan dan bibit manga arumanis kepada KTH (kelompok tani hutan) di Keerom. (Arief /LPC)

KTH Diharapkan Bisa Manfaatkan Bantuan Dengan Baik Untuk Meningkatkan Ekonominya

KEEROM (LINTAS PAPUA) – Dalam rangka menghidupkan lahan yang belum tergarap (tutupan lahan) serta meningkatkan nilai tambah bagi petani yang tergabung dalam kelompok tani hutan (KTH), maka Dishut Papua dan Pemkab Keerom, menyerahkan bantuan bibit mangga arumanis143 sebanyak 36.000 pohon. Juga bantuan alat pengelolahan sagu, dan lainnya.

Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP dan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua, Yan Yap Ormuseray, menyerahkan bantuan tersebut kepada masyarakat Keerom melalui KTH. Penyerahan dilakukan di Kantor Cabang Dinas Kehutanan Keerom, di Yuwanain, Arso II, Selasa (29/10/2019).

Pada acara seremonial penyerahan bantuan tersebut, hadir juga Kepala KPHP Keerom, Obed Bitti, Kepala Balai Daerah Aliran Sungai, HL Mamberamo dan Kepala KCD Kehutanan Keerom, Amsal B. Randalinggi, Wakapolres Keerom, Kompol J. Pocerattu, dan pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Keerom.

Wabup pada saat penyerahan kepada Perwakilan KTH mengharapkan agar masyarakat bisa memanfaatkan bantuan-bantuan tersebut dengan baik.

‘’Kami harapkan masyarakat yang menerima bantuan ini bisa memanfaatkan dengan baik,’’ungkapnya saat memberikan secara simbolis bantuan berupa mesin chainsaw, mesin parut/perontok sagu, mesin press sagu dan mesin peniris peras sagu kepada perwakilan mama-mama Papua dari KTH Senggi.

Usai penyerahan bantuan, Wakil Bupati mengemukakan kepada media, bahwa ia sangat bergembira masyarakat KTH bisa menerima bantuan yang menurutnya memang sangat tepat guna dan bermanfaat bagi masyarakat KTH-KTH di Keerom.

Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, dan Kadinas Kehutanan Prav Papua, Yan Yap L Ormuseray, saat menyerahkan bantuan peralatan dan bibit manga arumanis kepada KTH (kelompok tani hutan) di Keerom. (Arief /LPC)

‘’Penyerahan bantuan kali ini yang saya selaku Wakil Bupati Keerom bersama Kadis Kehutanan Provinsi, KPHP Keerom, KCD Kehutanan Keerom, tentunya kita sambut gembira dan dukung penuh penyerahan bibit manga arummanis 143. Teknis penyerahan bantuan ini kami akan saluran langsung ke kampung-kampung, agar bibit ini tidak disalahgunakan, jadi langsung ke petani. Apalagi 36.000 bibit ini adalah bibit unggul dan tersertifikasi,’’lanjutnya.

Ia menambahkan bahwa saat ini Pemkab Keerom akan menggarap sektor pertanian secara serius. ‘’Agar sector kehutana, perkebunan dan pertanian memberikan kontribusi nyata terhadap PAD dan pendapatan rumah tangga petani dan masyarakat. Kepada masyarakat, bantuan ini membuktikan bahwa pemerintah provinsi tak tutup mata terhadap masyarakat yang ada di kampung baik untuk bidang Kehutanan maupun pertanian atau perkebunan,’’pungkasnya.

Sementara itu, Kadinas Kehutanan Provinsi Papua, Yan Yap L Ormuseray, mengemukakan bahwa dalam memberikan bantuan tersebut, Dinas Kehutanan telah melakukan penilaian terhadap KTH yang terdata.

‘’Kita tentunya berharap agar bantuan ini bisa diurus dan dikelola dengan baik, sehingga KTH yang diberikan bantuan adalah KTH yang kami nilai serius dan antusias untuk mendukung pelestarian hutan di Keerom, termasuk penerimaan manga arumanis143 ini diharapkan bisa melanjutkan upaya untuk menjaga tutupan lahan dan sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat,’’ujarnya.

Ia juga mengemukakan dipilihnya Mangga Arumanis143 ini karena pertimbangan masa tanam dan hasil yang akan diperoleh.

‘’Mangga ini dipilih karena waktu atau masa panen yang diperhitungan dua tahun sudah panen. Demikian pula tinggi pohonnya diperkirakan setinggi 2 meter saja. Saat ini bantuan Mangga Aruumanis baru kita berikan ke Kab Keerom daan kab. Jayapura,’’pungkasnya. (arief/LPC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here