Usai Dilantik, Anggota Dewan Clief Ohee Akan Fokus Awasi Pembangunan

0
223
Anggota DPRD Kabupaten Jayapura dari Partai Perindo, Clief W. Ohee, S.IP, M.Si. (Irfan/LPC)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Salah satu fungsi dan tugas anggota DPRD adalah pengawasan, selain legislasi dan penganggaran.

“Ya, pengawasannya dalam bentuk program maupun kegiatan yang akan diusulkan di kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) ditingkat kampung hingga distrik, sehingga semua program maupun kegiatan yang diusulkan di tingkat kampung dan distrik itu bisa diakomodir di Musrenbang tingkat kabupaten,” katanya.

Tidak ada istilah waktunya untuk bersantai karena rakyat tidak bisa menunggu, ungkapan ini tampaknya menjadi motivasi bagi Clief W. Ohee, S.IP., M.Si, untuk menunaikan janji-janji politiknya bagi masyarakat yang sudah memilihnya untuk pertama kali duduk sebagai anggota DPRD Kabupaten Jayapura periode 2019-2024.

Pasca pelantikan tanggal 22 Oktober 2019 yang lalu, dirinya akan kembali turun ke masyarakat untuk menyapa dan mendengarkan aspirasi rakyat di Daerah Pemilihan atau Dapilnya.

“Dalam waktu dekat ini tepatnya di bulan Desember kita akan melakukan reses, karena itu sebelum reses akan ada kegiatan Musrenbang di tingkat kampung yang saya duga akan dilakukan pada bulan November, setelah itu ada kegiatan Musrenbang tingkat distrik kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Musrenbang tingkat kabupaten. Sehingga yang akan kita lakukan itu adalah bagaimana terlibat di dalam kegiatan Musrenbang kampung maupun distrik, terutama lebih spesifik itu di Daerah Pemilihan (Dapil) kita,” sambung Clief Ohee.

Bukan tanpa alasan atau dasar, kader Partai Perindo Kabupaten Jayapura itu mengaku, di setiap pelaksanaan Musrenbang tingkat kampung itu selalu ada polemik atau wacana dari masyarakat kalau kegiatan Musrenbang itu hanya sebuah kegiatan seremonial dan terkadang usulan masyarakat dari kampung atau distrik itu tidak ikut mewarnai perencanaan di tingkat kabupaten .

“Itu yang menjadi PR (Pekerjaan Rumah) yang harus dicarikan gaps nya dimana, dan bagaimana menghubungkan antara harapan masyarakat dengan kenyataan. Nah, Disitulah peran DPR untuk bisa menghubungkan. Jadi, strategi yang akan kita lakukan adalah melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, guna meminta maisng-masing dinas punya prioritas yang disesuaikan dengan prioritas pemerintah daerah. Nah prioritas dari dinas itulah, maka saya sebagai wakil rakyat yang akan menjelaskannya kepada konstituen atau kepada masyarakat yang menjadi pemilih saya,” katanya.

“Kalau menyusun program atau kegiatan di dalam kegiatan Musrenbang itu juga harus mampu melihat prioritas pemerintah daerah. Supaya (program) yang diusulkan itu bisa terakomodir di dalam prioritas pemerintah daerah. Karena selama ini yang terjadi, kampung itu mengarang bebas dalam menyusun sebuah program atau kegiatan, yakni berdasarkan inisiatif atau filling mereka. Tapi, tanpa mengetahui apa yang menjadi prioritas pemerintah daerah,” sambung Clief.

Lanjut Clief, juga mengucapkan banyak terimakasih kepada masyarakat Kabupaten Jayapura yang telah mempercayakan amanat ini kepada dirinya, untuk itu dirinya meminta agar masyarakat terus mengingatkan dirinya jika suatu saat nanti apa yang diperjuangkannya tidak sejalan dengan kehendak rakyat.

“Saya juga mengucapkan terimakasih yang tidak terhingga kepada seluruh masyarakat kabupaten Jayapura terkhusus di Dapil saya, yang telah mempercayai saya untuk memperjuangkan dan juga melayani masyarakat,” terang Clief W. Ohee. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here