Sekwan Juliana Waromi : Kamis Besok, 55 Anggota DPR Papua Terpilih Siap Dilantik Periode 2019 – 2024

0
1381
Sekretaris DPR Papua, Juliana Waromi, saat diwawancara. (Gracio / LPC)

Sekwan DPR Papua : Tidak ada alasan pelantikan tetap di gelar besok

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Sekertaris DPR Papua, Juliana J Waromi, memastikan bahwa pelantikan Anggota DPR Papua periode 2019-2024 tetap akan di laksanakan di tanggal 31 Oktober 2019 karena Surat Keputusan sudah di terima.

” Jadi tak ada alasan tidak melantik anggota DPR Papua periode 2019-2024 besok, karena masa jabatan anggota DPRP periode sebelumnya berakhir hari ini tanggal 30 Oktober 2019,” Kata Juliana Rabu 30 Oktober 2019.

 

Gedung II DPR Papua yang baru diresmikan Gubernur Lukas Enembe, Kamis petang. beberapa waktu lalu. (Erwin LPC))
Aktivitas Anggota DPR Papua, sebagian masih terpilih, sebagian harus meninggalkan kursi dewan. (lintaspapua.com)
Aktivitas Anggota DPR Papua, sebagian masih terpilih, sebagian harus meninggalkan kursi dewan. (lintaspapua.com)
Aktivitas Anggota DPR Papua, sebagian masih terpilih, sebagian harus meninggalkan kursi dewan. (lintaspapua.com)

Kata Juliana, pihaknya telah menerima SK dari pusat pada tanggal 29 Oktober pagi, sehingga pada siangnya langsung dilakukan Rapat Banmus untuk menetapkan pelantikan pada 31 Oktober besok.

“Awalnya juga ada isu berkembang bahwa kemungkinan molor karena tekait dengn pengangkatan 14 kursi. Tapi kami tunggu hingga proses 14 belum. Masih kami tunggu dari eksekutif. Makanya apapun tetap jalan besok pelantikan tidak bisa tidak,” ujarnya.

Menurutnya, pihaknya sudah mengirim surat ke Kepala Pengadilan Tinggi Papua karena Kepala Pengadilan Tinggi yang akan melantik para anggota dewan. Dan untuk pelantikan itu diperkirakan 500 tamu undangan akan hadir dan hanya tamu undangan ini yang diperbolehkan masuk dalam ruang sidang.

“Tamu dari pusat kalau tidak ada halangan Dirjen Otda akan hadir. Kemudian anggota DPR RI dari daerah pemilihan Papua yakni Komarudin Watubun, Yan Mandenas, Sulaeman Hamzah,” ujarnya.
Selanjutnya untuk masalah pengamanan, pihaknya sudah menyurati Kapolda Papua untuk pengamanan guna mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.

Juliana juga menjelaskan seteleh Anggota DPR ini dilantik maka para anggota dewan akan langsung pemilihan ketua sementara untuk melaksanakan pembentukan alat kelengkapan dewan dan pembekalan.

“Ketua sementara yang tandatangan SPPDnya terkait pembekalan. Tapi siapa ketua sementaa itu akan dikembalikan kepada anggota dewan,” ucapnya.

Terkait 14 kursi lanjut kata Julia, hingga kini belum ada SKnya sehingga 55 anggota dewan yang ada kini yang didahulukan. Kalau mekanisme 14 kursi jalan sesuai dan ada SK dari Jakarta tentu akan dilantik.

“Pembekalan itu dengan sendirinya. Pembekalan itu agenda utama diatur dari pusat pada 11 November di Makassar kurang lebih 3 hari,” jelasnya.

Sekretaris DPR Papua, Juliana Waromi, saat diwawancara. (Gracio / LPC)

Untuk besar anggaran pada pelantikan, kata Sekwan sama dengan rapat paripurna biasanya yang terdiri untuk makan minum sehari-sehari sekitar Rp 75 juta satu hari. “Kan tidak ada kegiatan lain2. Kalu pelantikan paling naik sedikit saja. Misalnya kita minta pengamanan kan hanya diberi konsumsi tidak dibayar kan ini urusan pemerintah untuk saling mendukung. Jadi tidak makan biaya besar,” tandasnya.

INILAH NAMA – NAMA 55 ANGGOTA DPR PAPUA

Sebelumnya,  KPU Provinsi Papua menetapkan calon anggota DPR Papua terpilih periode 2019 – 2024 dalam pleno yang berlangsung di Hotel Grand Abe, Kota Jayapura, Rabu, 14 Agustus 2019.

Rapat pleno penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPR Papua dipimpin langsung Ketua KPU Papua, Theodorus Kossay didampingi komisioner lainnya, Fransiskus Letsoin, Zufri Abubakar, Zandra Mambrasar, Diana D Simbiak, Melkianus Kambu dan Adam Arisoy.

Pada Dapil 1 Papua, caleg terpilih diantaranya Orgenes Kaway (PKB), Yanni (Gerindra), Kristina RI Luluporo (PDI Perjuangan), Jansen Monim (Golkar), Herlin Beatrix Monim (Nasdem), H Junaedi Rahim (Berkarya), Darwis Massi (PKS), Yulianus Rumbairusy (PAN), Kamasan Jack Komboy (Hanura) dan Mustakim HR (Demokrat).

Dapil 2 Papua, caleg terpilih, diantaranya Tan Wie Long Karnan Yohanes (Golkar), Ance Wanggai (Nasdem), Fadly Nasrullah (Hanura), Boy Markus Dawir (Demokrat) dan Benyamin Arisoy (Demokrat).

Untuk Dapil 3 Papua, caleg terpilih diantaranya, Amos Edowai (PKB), Apene Sanni (Gerindra), Mesak Magai (PDI Perjuangan), Fernando AY Tinal (Golkar), Laurenzus Kadepa (Nasdem), Alfred Fredy Anouw (Partai Garuda), Deky Nawipa (Partai Berkarya), Nason Utty (PPP) dan Petrus Pigai (PAN) dan Thomas Sondegau (Demokrat).

Sedangkan, Caleg terpilih Dapil 4 Papua, Agus Kogoya (PKB), Mega Mansye Flora Nikijuluw (PDI Perjuangan), Eli Wonda (Golkar), Kortinus Wonerengga (Nasdem), Elvis Tabuni (Berkarya), Timiles Jikwa (PAN), Feryana Wakerkwa (PAN), Yunus Wonda (Demokrat) dan Hoesa Genongga (Demokrat).

Dapil 5 Papua, caleg terpilih Natan Pahabol (Gerindra), Arkelas Asso (PDI Perjuangan), Danton Giban (Golkar), Gerson Soma (Nasdem), Yosia Busup (PAN), Sinut Busup (PAN) dan Tarius Mul (Demokrat).

Untuk Dapil 6 Papua, caleg terpilih yakni Ias Narigi (Gerindra), Herman Yogobi (PDI Perjuangan), Jhony Banua Rouw (Nasdem), H Abu Hanifau Asso (Nasdem), Nioluen Kotouki (PKS), Namantus Gwijangge (Perindo), Nikius Bugiangge (Hanura) dan Emus M Gwijangge (Demokrat).

Sementara itu, Dapil 7 Papua caleg terpilih yakni Siti Susanti (Gerindra), Edoardus Kaize (PDI Perjuangan), Paskalis Letsoin (PDI Perjuangan), Ferdinando Bokowi (Golkar), Fauzul Nihaya (Nasdem) dan Kusmanto (PKS).

Dalam penetapan caleg DPR Papua terpilih itu, Partai Nasdem meraih 8 kursi dan suara terbanyak, disusul Partai Demokrat meraih 8 kursi.

Kemudian disusul PDI Perjuangan meraih 7 kursi, Partai Golkar dan PAN masing-masing meraih 6 kursi, Partai Gerindra meraih 5 kursi, PKB, Berkarya, PKS dan Hanura masing-masing meraih 3 kursi, Partai Garuda, Perindo dan PPP masing-masing dapat 1 kursi. Sedangkan, tiga partai tidak mendapatkan kursi DPR Papua, diantaranya PSI, PKPI dan PBB. (Gracio / lintaspapua.com )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here