Pemuda Bentangkan Bendera 2091 Meter dan Deklarasi Damai di Keerom

0
419

Kegiatan – kegiatan yang dilakukan di Apel Pemuda dalam rangka Hari Sumpah Pemuda (HSP) Tahun 2019 di Lapangan Swakarsa, Keerom, Senin (28/10/2019).

Bupati Pimpin Apel Pemuda, Wakil Bupati Terima Penghargaan Pemuda Berprestasi

KEEROM  (LINTAS PAPUA) – Ratusan pemuda yang tergabung dalam DPD KNPI baik dari Provinsi Papua maupun KNPI Keerom, berhasil membentangkan bendera merah putih terpanjang yang pernah dibentangkan di Papua, pada Senin 28 Oktober 2019.

Yaitu bendera sepanjang 2091 meter, yang dibentangkan ratusan pemuda dari Lapangan Swakarsa, lalu ke jalan poros Arso Swakarsa hingga ke arah barat masuk ke jalan mentimun (jalur 2) hingga kembali ke lapangan Swakarsa lewat pintu utara.
Pembentangan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang digelar KNPI dan Pemkab Keerom dalam rangka Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-91 Tahun 2019.

Didahului Apel Pemuda di Lapangan Swakarsa, Yuwanain, Keerom, bendera dibentangkan oleh pemuda yang tergabung di KNPI. Didahului Forkompinda, yaitu Bupati Keerom, Muh. Markum SH, MH, MM dan Wakil Bupati, Piter Gusbager, SHut, MUP, dan diikuti pemuda pelajar beberapa SMU di Keerom, Pramuka dan lainnya.

Kegiatan HSP tingkat Provinsi yang dilakukan didahului upacara bendera yang dipimpin oleh inspektur upacara, Bupati Keerom, sedangkan selaku komandan upacara, David Aragay. Sedangkan Asisten I Keerom, Sucahyo Agung, bertindak selaku perwira upacara.

Pada rangkaian kegiatannya, KNPI Papua juga memberikan penghargaan kepada pemuda-pemudi berprestasi di Papua. Wakil Bupati Keerom, yang juga Ketua DPC KNPI Keerom, Bung Piter Gusbager, SHut, MUP, menerima penghargaan sebagai pemuda untuk kategori kepemimpinan, juga menerima penghargaan tersebut, beberapa pemuda-pemudi di Keerom lainnya.

Turut hadir di acara tersebut, Kapolres Keerom, AKBP Muji Windi Harto, Ketua KNPI Provinsi Papua, (Alberto G. Wanimbo), mewakili DPRD Keerom (Sukoco, SH), mewakili Pangdam XVII Trikora (Kolonel Kav Adang Sumpena), mewakili Lanud Silas Papare (Letkol Kal (AU) R. W. Hendratoko), mewakili Lantamal X Jayapura, (Letkol Laut khusus Djoko Iman Pambudi, SPd), Dansatgas Yonif Raider 300/Brajawijaya (Letkol Inf Ary Sutrisno), Pabung Keerom, (Mayor Inf Lodewyk Woria), pimpinan OPD, Para Toga, Tomas dan Todat Kab. Keerom, serta tamu undangan lain.

Bupati Keerom, pada kesempatan tersebut mengemukakan Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

‘’Hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa, pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing namun juga ada sisi negative yang harus kita antisipasi bersama,’’ungkapnya.

Sementara dalam sesi wawancara kepada media, Bupati menyampaikan harapan agar deklarasi damai yang dilakukan pemuda sebagai pelopor perdamaian. ‘’Deklarasi damai yang dilakukan tokoh pemuda diharapkan mendukung terciptanya damai di tanah Papua,’’ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Keerom, yang juga Ketua KNPI Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, menyampaikan meskipun persiapan apel pemuda hanya 5 hari, namun ia mengaku puas dengan pelaksanaan sumpah pemuda di Keerom tersebut.

Hal ini menurutnya, membuktikan kepada seluruh elemen bangsa, bahwa pemuda menyadari pada kesempatan ini bahwa ini merupakan momentum kebangkitan pemuda untuk terus berkarya dan membangun bangsa khususnya membangun Keerom kedepan.

‘’Pesannya adalah pemuda akan berdiri paling depan untuk dalam perdamaian dan rekonsiliasi di Papua, sehingga tak ada lagi konflik-konflik yang bisa menimbulkan korban jiwa, sehingga jika berbicara tentang pemuda dan soal perdamaian, itu dimulai tanah tabi dan Tanah Keerom,’’ujarnya.

Ia juga menyampaikan terimakasih kepada Pemprov dan KNPI Papua juga Pemkab Keerom dan semua pihak yang mendukung seluruh kegiatan HSP tahun 2019 di Keerom.

‘’Kegiatan ini akan memberikan spirit kepada kami pemuda. Kedepan kader-akder muda yang ikut dalam kegiatan ini akan melanjutkan estafet bangsa, hari ini ada anak SD yang ikut berjalan memegang bendera merah putih terpanjang, ini akan selalu dikenangnya. Ini memberikan spirit positif, jadi mari kita berpikir positif, bertindak positif dan berlaku positif, jangan saling curiga, mari membangun tanah Papua untuk Indonesia,’’pesannya.

 

Sedangkan Ketua DPD KNPI Prov Papua, Alberto G. Wanimbo, mengemukakan bahwa kegiatan kali ini sekaligus menunjukkan komitmen Pemuda Papua untuk menjadi pemersatu bangsa Indoneseia dari Sabang sampai Merauke.

‘’Seperti kata founding father kita, Bung Karno, bahwa .. berikan aku sepuluh pemuda maka niscaya akan kuguncangkan dunia. Ini akan jadi spirit kita untuk pemuda Papua berkarya untukl Indonesia kedepan,’’pungkasnya. (arief/LPC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here