BMD : Dewan Adat Yapen Harus Perjelas Silsilah Jhon Banua, Dari Bapa Mama

0
227
Anggota DPR Papua, Boy Markus Dawir, saat diwawancara. ((Rambat / LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Terkait dengan pernyataan Dewan Adat Yapen yang menyatakan bahwa John Banua benar-benar adalah anak Adat Yapen, anggota DPR Papua Boy Markus Dawir meminta agar pihak Adat Yapen meyakinkan masyarakat asli Papua.

Pada prinsipnya kata Boy, dirinya sangat mendukung, namun banyak pihak belum yakin kalau dia (Jhon Banua) yang direkomendasikan oleh partai Nasdem sebagai calon kuat ketua DPRP adalah orang asli Papua.

“Untuk itu saya berharap agar Dewan Adat Yapen harus bisa membuktikan kepada piblik soal keaslian tersebut. Silsilah adat harus dijelaskan. Bapak dan mama nama siapa, bahkan tete neneknya nama siapa, bapa dan mama dari tete dan nene nama siapa,”papar BMD sapaan akrabnya, Selasa, (29/10/2019).

“Ini perlu dijelaskan agar tidak ada kesimpangsiuran info dan data terkait keaslian seseorang sebagai yang disebut orang asli papua, sebagai anak yang besar dari dusun-dusun adat di Yapen, saya meminta agar hal ini bisa segera disampaikan oleh dewan adat yapen,” pintanya.

Menurutnya siapapun yang nanti menjadi ketua DPR Papua, Gubernur dan Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) harus dijabat Orang Asli Papua (OAP).

“Ingin saya sampaikan bahwa saya sangat mendukung siapa saja, yang terpenting adalah posisi jabatan Gubernur, ketua DPRP dan ketua MRP harus dijabat oleh orang papua asli,” katanya.

Ia pun menegaskan bahwa posisi jabatan tersebut merupakan harga diri OAP yang tidak bisa ditawar oleh siapapun. “Hal ini yang harus disadari oleh semua komponen anak asli papua di tanah ini kalau hak itu sudah diserahkan kepada orang lain maka kedepan anda akan menjadi penonton diatas tanah anda sendiri,” jelasnya.

Untuk diketahui bersama, Jhon Banua saat ini direkomendasikan oleh Partai Nasdem sebagai calon kuat Ketua DPR Papua.

(Gracio/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here