Bupati Mathius Awoitauw  Buka Pameran Budaya dan Pementasan Tari

0
270

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Sejumlah STAN pameran memadati memadati Pameran Budaya dan Pementasan Tari 2019 di Taman Anggrek, Kompleks Perkantoran Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, Selasa (22/10/2019).
Penyelenggaraan Pameran Budaya dan Pementasan Tari yang bercorak budaya ini merupakan rangkaian kegiatan dari peringatan HUT Kebangkitan Masyarakat Adat (KMA) ke-VI tahun 2019, yang akan diperingati pada hari ini tanggal 24 Oktober 2019.

Pameran budaya dan pementasan tari tersebut, juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Jayapura Klemens Hamo, Kepala DPMPK Kabupaten Jayapura Elisa Yarusabra dan Koordinator DAS Daniel Toto.

Selain itu, juga dihadiri ratusan masyarakat adat Kabupaten Jayapura mengunjungi serta menyaksikan pentasan tari dan aksesoris kebudayaan.
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, mengatakan pementasan tari yang ditampilkan oleh sejumlah Suku di Kabupaten Jayapura itu merupakan tarian yang menceriterakan mengenai momen bersejarah atau cerita dari suku.

“Ada juga dipamerkan benda-benda yang memiliki ornamen kekhasan suku-suku dari 9 Dewan Adat Suku (DAS) bersama sub-sub suku lewat stand-stand yang ada,” ujarnya kepada wartawan disela-sela pameran budaya dan pementasan tari.

Selain itu, dirinya menerangkan adat adalah anugerah yang telah diberikan oleh Tuhan. Sebab itu, adat hendaknya diberlakukan secara baik dan benar-benar mencerminkan kehidupan masyarakat yang berbudaya.
Kabupaten Jayapura memiliki kebijakan daerah, yakni keberpihakan bagi masyarakat adat dalam semangat Otonomi Khusus (Otsus). Kebijakan tersebut telah berlangsung selama 6 tahun.

Dikatakan, keberhasilan dari kebangkitan masyarakat adat mulai terlihat melalui pementasan tarian dan ornamen-ornamen kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat.

“Kami berharap, melalui pementasan tarian dan pameran kebudayaan yang diselenggarakan ini mampu memacu semangat dari masyarakat adat untuk mendukung sepenuhnya program kebangkitan masyarakat adat yang sedang berlangsung sekarang ini dan waktu yang akan datang,” tandasnya. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here