BB Papua dan Papua Barat Gelar Seminar Lestarikan Bahasa Daerah

0
397

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Balai Bahasa Papua melaksanakan Seminar Kebahasaan “Maju Bahasa dan Sastra, Maju Indonesia”, dalam serangkaian di bulan Bahasa tahun 2019.

 

Peran Bahasa-bahasa daerah Papua dalam pengembangan Bahasa dan budaya Indonesia, di hadiri 100 peserta yakni  pelajar, mahasiswa, guru, pemerhati bahasa, dosen.

Dlam kegiatan ini di serahkan hadiah bagi para pemenang sayembara penulisan puisi, penulisan cerpen, dan penulis cerita rakyat yang telah di laksanakan mulai bulan Februari 2019 lalu.

 

Pemateri Seminar ini Prof. e. r. Don A. L. Flassy, M. A. dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Riset Papua dan Dr. Drs. Muhammad Musa’ad, M.Si.,  selaku Asisten Bidang perekonomian dan kesra setda Provinsi Papua, di  kantor Balai Bahasa Provinsi Papua dan Papua Barat, di Jalan  Yoka, Distrik Heram, Kota Jayapura, Kamis (24/10/2019),.

 

Kepala Balai Bahasa Papua, Suharyanto, S.S., M.A., mengharapkan, seminar ini memberikan sumbang saran bagi perkembangan bahasa.

“Peran Bahasa daerah tidak bisa di abaikan, kondisi Bahasa saat ini dalam kondisi mengkhawatirkan, pada Posisi kurang menguntungkan, melalui seminar ini kita mengharapkan masukan peran Bahasa makro Papua, dalam pengembangan bahasa Indonesia, kita tidak mendengar dalam pengembangannya di dominasi pada Bahasa daerah tertentu,” ujarnya.

Sementara itu, sambutan Dinas Pendidikan Provinsi Papua di wakilkan oleh Kepala Bidang Guru dan Tenaga, Aloysius Jopeng, mengatakan membutuhkan kerjasama dalam melestarikan Bahasa daerah

“Bahasa daerah itu paling banyak di Papua , ini aset, dengan perkembangan jaman ini di khawatirkan bisa masuk zona terancam, kita membutuhkan kerjasama Bagaimana bangun sinergi, komitmen, untuk membangun kemampuan dasar Bahasa daerah,” Pungkasnya. (Fransisca/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here