YAPEN (LINTAS PAPUA)  –  Pada kesempatan kali ini, anggota Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1709/Yawa mendapat pembinaan berupa latihan Penjelajahan dan Krida Survival yang pelaksanaannya dilakukan dengan menyusuri jalanan yang dimulai dari lokasi wisata Teluk Pamoi hingga berakhir di Makodim 1709/Yawa Kabupetan Kepepulauan Yapen, Pada Minggu (20/10/2019).

Sejumlah anggota Pramuka Penegak dari 5 Gudep (Gugus Depan) yang mengikuti kegiatan ini berasal dari SMAN 1, SMAN 2, SMK YPK, SMA Penabur dan MA Darusallam Serui. Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Harian Kwarcab Yapen Yonas Haipon, Pimpinan Saka Wira Kartika Kodim 1709/Yawa Mayor Arm Mustafa Lara, S.T, Ketua harian Lettu Inf Masngudi, Pamong putra dan putri dan didukung pula oleh personel Kodim 1709/Yawa.

 

Kegiatan ini juga menjadi pembinaan bagi para Anggota Pramuka dari 5 gudep yang baru saja memasuki Saka Wira Kartika Kodim 1709/Yawa. “Saka Wira Kartika merupakan tempat untuk pengembangan diri bagi anggota Pramuka penegak, dengan bergabung dalam Saka Wira Kartika Kodim 1709/Yawa, mereka akan memiliki jadwal khusus latihan diluar dari jadwal latihan mingguan di Gudepnya masing-masing, dengan harapan mereka akan memiliki kecakapan khusus dan kemahiran lebih baik daripada anggota Pramuka di gudep lainnya”,ungkap Serda Amirudin selaku pamong putra.

 

Selama dalam perjalanan, para Pramuka penegak juga melaksanakan Bhakti Pramuka, dengan mengangkat sampah-sampah plastik yang terdapat di kiri kanan jalan dan diwaktu istirahat merekapun kembali melakukan latihan Krida survival yang diberikan oleh para pamong putra/i dipinggiran hutan yang ada disekitaran jalan raya tersebut.

 

Maksud dan tujuan dari diadakannya kegiatan ini, menurut Kasdim 1709/Yawa Mayor Arm Mustafa Lara, S.T. adalah agar para anggota pramuka memiliki jiwa untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, mereka juga diharapkan dapat memiliki kemampuan mempertahankan diri dari keadaan yang buruk dan kritis, sehingga nantinya mereka menjadi anggota-anggota pramuka yang solid, kompak dan pantang menyerah dalam menghadapi situasi yang berat sekalipun, ujar Mayor Arm Mustafa Lara, ST. (Pendam XVII/Cenderawasih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here