JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Sudah kali ke Tiga Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab bersama Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw dan rombongan mengunjungi Wamena, pasca kejadian demo yang berujung kerusuhan pada 23 September lalu dan melukai puluhan orang serta menghanguskan ratusan rumah, kendaraan serta harta benda masyarakat Wamena.

 

Setelah sebelumnya Kamis (17/10) Pangdam XVII/Cenderawasih bersama Kapolda Papua dan Rombongan patroli keliling Wamena dengan menggunakan kendaraan bermotor untuk melihat secara langsung kondisi Wamena saat ini dan mengunjungi Pasar Mama-mama untuk berinteraksi dengan masyarakat yang sedang berjualan di Pasar tersebut.

 

Tidak berhenti sampai disitu pagi ini Jum’at (18/10) Pangdam bersama Kapolda mendapat undangan dialog interaktif dari LPP RRI Wamena dengan harapan seluruh masyarakat Papua dapat mendengar secara langsung apa yang disampaikan oleh Pangdam XVII/Cenderawasih dan Kapolda Papua.

 

Sejalan dengan tema dari dialog tersebut “bersama memulihkan harmoni Pegunungan Tengah dalam rangka memulihkan situasi Kamtibmas di Kabupaten Jayawijaya” yang dipandu oleh pembawa acara Melkias Tangkilangan.

 

Dalam kegiatan tersebut Pangdam mengatakan bahwa upaya aparat keamanan memulihkan stabilitas masyarakat terus dilakukan dengan berpatroli keliling Wamena, membuat pos-pos keamanan di titik-titik rawan disamping terus melakukan upaya penegakan hukum terhadap aksi-aksi anarkis yang melanggar hukum.

 

‘’Kami disini sudah bersinergi dengan Polri untuk membantu pemerintah daerah dalam pemulihan Wamena, sehingga kami dari TNI-Polri selalu mendukung upaya-upaya yang dilakukan pemerintah Daerah untuk membangun Wamena dan menghilangkan rasa takut didalam masyarakat untuk melakukan aktifitas sehari-hari khususnya perekonomian,” ungkap Pangdam.

 

“Serta Dapat dilihat juga beberapa hari ini di Wamena, Masyarakat sudah banyak melakukan interaksi sosial mulai dari pagi melakukan aktivitas sudah berjalan lancar tanpa ada rasa takut akan gangguan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab”,”Tambah Pangdam

 

Diakhir kegiatan dialog interaktif di LPP RRI Pangdam XVII/Cenderawasih menyampaikan bahwa masalah keamanan itu bukan hanya tanggung jawab TNI-Polri saja tetapi seluruh komponen masyarakat,

 

“oleh sebab itu kedepannya mari sama-sama kita menjaga keamanan, sehingga seluruh sarana-sarana pembangunan yang berada di Wamena bahkan Papua bisa berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan dan gangguan,” pungkasnya. (Pendam XVII/Cenderawasih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here