JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Dinas Pendidikan Provinsi Papua memastikan kualitas tenaga pengajar di bumi cenderawasih, bakal terus ditingkatkan melalui berbagai kegiatan pelatihan.

Kepala Dinas Pendidikan Papua, Elias Wonda mengatakan peningkatan kapasitas guru merupakan prioritas utama instansinya, sebab sejalan dengan visi dan misi kepala daerah serta nawacita Presiden Joko Widodo yang berkeinginan kuat mendorong peningkatan bidang pendidikan di seluruh Indonesia.

“Guru harus pintar dulu baru mengajar. Sebab kalau guru tidak pintar bagaimana mau mengajar,” jelas dia di Jayapura, Selasa.

Selain peningkatan SDM guru, masih menurut Elias Wonda, hal yang perlu diupayakan adalah pemberian rasa aman dan peningkatan kesejahteraan secara berkesinambungan, lebih khusus bagi tenaga pengajar yang berdomisili di pedalaman.

“Sebab apalah artinya bila SDM guru sudah maksimal namun tak ada jaminan keamanan untuk mengajar”.

“Tentu hal ini akan mengganggu proses belajar mengajar, sehingga harus menjadi perhatian pemerintah kabupaten setempat agar bisa ikut memberikan jaminan keamanan dan kesejahteraan bagi guru,” harap ia.

Ia tambahkan, dalam waktu dekat Gubernur Papua Lukas Enembe akan melantik sekitar 300 kepala sekolah SMU/SMK sederajat.

Surat Keputusan (SK) pelantikan kepala sekolah seluruh di Provinsi Papua ini, telah ditandatangani Gubernur Papua Lukas Enembe.

“Sehingga estimasi kami bila tidak ada halangan berarti, maka pekan ini atau pekan depan baru akan dilakukan pelantikan”.

“Dengan dgelarnya pelantikan kepala sekolah itu, diharapkan kualitas dan mutu pendidikan di daerah semakin baik. Sebab maju mundurnya pendidikan di daerah juga ditentukan oleh kepala sekolah dan guru,” tutup ia.(win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here