Menyambut hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2019,  Genre Papua dari BKKBN berkolaborasi bersama dengan Duta Bahasa (Balai Bahasa Papua) dan Independent Youth Forum Papua mengelar kegiatan Youth Power mulai  19-20 Oktober 2019. (Franssica /LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Menyambut hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2019,  Genre Papua dari BKKBN berkolaborasi bersama dengan Duta Bahasa (Balai Bahasa Papua) dan Independent Youth Forum Papua mengelar kegiatan Youth Power mulai  19-20 Oktober 2019.

 

Adapaun rangkaian kegiatan diisi dengan pemberian materi  HIV – AIDS, Life Skill, Literasi, pemutaran Film Pernikahan dini, dan seks beresiko kepada 24 remaja usia sekolah SMP, SMA dan kader KB dari Kampung Biak, Kampung Kayu Batu.

 

Pada hari kedua dilaksanakan bersih – bersih pantai Base G di ikuti oleh berbagai komunitas yg ada di Jayapura dan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) di Balai Kampung Semantara di Pantai Base – G Kota Jayapura, Sabtu (19/10/2019)

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua,  Sarles Brabar, SE. M.Si., saat diwawancara. (Fransisca /LPC)

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua,  Sarles Brabar, SE. M.Si., mengatakan, bahwa  lebih mempersiapkan generasi Muda mampu menerima pengetahuan baik bagi masa depan, terutama bijak mengunakan teknologi.

“Ini adalah aksi kepedulian yang dilakukan untuk Peduli terhadap, generasi Muda yang ada di kampung Kayu batu, kita harapkan ada informasi edukasi dari Genre dan juga duta Bahasa, menjadi satu bekal kehidupan untuk masa akan datang,” ujar Charles Brabar, dalam sambutannya.

Dirinya mengakui,  kondisi saat ini banyak di pemgaruhi oleh lingkungan hidup, termasuk perkembangan teknologi, efek perkembangan teknologi banyak Hoax nya, membuat konflik dimana-mana.

“Kita harap hal ini bisa di dengar, di serap oleh generasi sehingga kita bijak mengunakan teknologi,” pesan pria asal Biak Numfor ini.

Sementara itu, Koordinator Genre Provinsi Papua, Dori Yosua Sitorus mengharapkan, kegiatan ini  menjadi pertimbangan bagi semua pihak melibatkan Pemuda Papua. Mengajak Pemuda Papua Peduli lingkungan.

“Harapannya kegiatan ini dapat menjadi inisiasi kegiatan pemuda kolaborasi kedepannya. Lalu melalui kegiatan ini kami ingin para stackholder yang ada diprovinsi Papua lebih memperhitungkan kekuatan pemuda, dan lebih memanfaatkan pemuda dalam kegiatan  akan datang,” harapnya.

Ditambahkan, bahwa  terpenting mengingat kegiatan ini merupakan kegiatan kolaborasi antar komunitas, besar harapan kami kedepannya semakin terbuka lebar kesempatan kolaborasi antar komunitas yang ada di Jayapura dalam rangka mewujudkan suatu kegiatan.

“Dan yang terakhir kami berharap Para pemuda pemuda yg ada di  Papua  tidak lupa untuk peduli lingkungan dimanapun dan kapanpun mereka berada. karena kalau bukan pemuda- Pemudi siapa lagi. mungkin itu harapan kami dalam kegiatan ini,” tuturnya.

 

Sementara itu, Pengkaji Bahasa dan Sastra, Umuu Fatimah R.L.SS, menyatakan bahwa  Balai Bahasa siap dukung setiap kegiatan positif pemuda di Provinsi Papua.

“Setiap tahun, Kami melaksanakan kegiatan kena Hassan untuk generasi Muda, kami membuka diri untuk bekerjasama untuk kegiatan Positif untuk generasi Muda Papua,”katanya.

Senada dengan itu, Kepala Pemerintahan Kampung Kayu Batu, Julianus Makanuai mengatakan, bahwa sangat mendukung hal positif Yang di laksanakan di kampungnya untuk masa depan generasi Kayu Batu.

”Sangat positif, generasi ini perlu di kuatkan dengan hal baik, di persiapkan untuk tantangan yang luar biasa, dari generasi ke generasi Ada Perubahan signifikan, kita orang tua mendukung supaya generasi ini punya masa depan yang bagus, saya sangat berterimaksih karena kegiatan di adakan di kampung kami,” pungkasnya. (Fransisca / lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here