41 Peserta Ikuti Gelar Utsawa Dharma Gita Keerom ke-3

0
559
Tampak saat foto bersama. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabuapten Keerom saat membuka acara Utsawa Dharma Gita (UDG) ke-3 Kab Keerom di Pura Jagad Natha, Traimelyan, Sabtu (19/10/2019). (Arief/LPC)

Kemenag : Untuk Tingkatkan Sradha dan Bhakti, Juga Pembinaan Generasi Muda Hindu

KEEROM (LINTAS PAPUA) – Sebanyak 41 peserta dewasa dan anak mengikuti kegiatan lomba Utsawa Dharma Gita (UDG) Tingkat Keerom yang ke-3 di Pura Jagad Natha, Traimelyan, Keerom, pada Sabtu (19/10/2019) kemarin.

Tampak saat foto bersama. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabuapten Keerom saat membuka acara Utsawa Dharma Gita (UDG) ke-3 Kab Keerom di Pura Jagad Natha, Traimelyan, Sabtu (19/10/2019). (Arief/LPC)

Pada ajang lomba baca kitab suci Weda tersebut, Bupati Keerom hadir diwakili Kepala Kemenag kab Keerom, Karel F. Mambay, SE, MPd.K. Disamping itu hadir juga Ketua PHDI Keerom, Made Hartana, dan tamu undangan lain.

Kepala Kemenag Keerom, Karel Mambay pada kesempatan tersebut mengemukakan apresiasinya atas digelarnya kegiatan Utsawa Darma Gita ke-3 tersebut. Ia menilai kegiatan tersebut merupakan implementasi nilai-nilai ajaran agama agar bisa diterima dan dipahami generasi hindu muda dengan baik.

‘’Dengan berjalannya kegiatan Utsawa Dharma Gita ke-3, maka implementasi nilai-nilai ajaran agama semakin diterima dan dipahami generasi muda dan umat kita, ketika penghayatan bisa dilakukan baik pada gilirannya masyarakat dan umat akan mampu memberikan kontribusi kepada pembangunan,’’ungkapnya.

Sementara Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kab Keerom, Made Hartana, mengemukakan bahwa perkembangan Utsawa Dhamagita ke-3 jika dibandingkan pelaksanaan sebelumnya telah berkembang lebih baik.

‘’Hal ini jika lihat dari hasil Utsawa tahun sebelumnya dimana dari 6 kategori juara yang diperoleh Papua diajang tingkat nasional, dua diantaranya disumbangkan oleh Keerom, maka kedepannya kita harapkan hasil yang lebih baik, baik dari sisi kualitas maupun kuantitas,’’ujarnya.

Selain itu, ia menilai antusias masyaarakat dan umat hindu untuk mengikuti kegiatan Utsawa Dharmagita juga semakin besar. ‘’Ini bisa terlihat dari semakin banyak peserta yang tampil. Semoga dengan UDG meningkat maka sradha dan bhakti umat hindu di Keerom juga meningkat sehingga diperoleh generasi muda hindu yang berkualitas yang bisa berkontribusi bagi pembangunan di Keerom,’’ujarnya lagi.

Sementara itu, Ketua panitia kegiatan, I Putu Suda Adnyana, mengemukakan bahawa seluruh peserta lomba hari ini ada 12 kategori lomba jumlah 41 peserta. ‘’Harapan kami yang dapat juara 1 bisa kami kirim ke provinsi, untuk itu kami berharap pemkab selalu memperhatikan kegiatan kami karena kegiatan kami terkendala oleh dana, untuk kegiatan kali ini kami koordinasikan dengan kemenag dan digelar secara sederhana dan penuh makna,’’pungkasnya. (arief/LPC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here