JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Gerakan Pramuka Kwartir daerah Papua melantik Pengurus Satuan Karya Pramuka Keluarga Berencana  (Saka Kencana) Kwartir daerah Gerakan Pramuka Papua masa bakti 2019-2024, di  Hotel Home Abepura Kota Jayapura, Jumat(19/10/2019).

Dalam kegiatan ini sekaligus disampaikan terimakasih kepada Pengurus Satuan Karya Pramuka Keluarga Berencana (saka kencana) Kwartir daerah gerakan pramuka Papua masa bakti 2013-2018.

Pembinaan saka kencana berada di bawah gerakan pramuka yang bekerjasama dengan Badan Kependudukan dan keluarga berencana Nasional(BKKBN) meliputi empat krida yaitu krida bina keluarga berencana dan kesehatan reproduksi(KB &KR), Krida bina keluarga dan pemberdayaan keluarga (KS&PK), Krida Advokasi dan komunikasi informasi dan edukasi(advokasi dan KIE) dan Krida bina peran serta masyarakat(PSM).

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Sarles Brabar, SE.M.Si,. (Fransisca /LPC)

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Sarles Brabar, SE.M.Si,mengatakan saka kencana mulai merencanakan Program kerja tahun 2020 dan akan menyelesaikan. Pekerjaan rumahnya di Kabupaten-Kabupaten Papua.

“Kita tindak lanjuti himbauan dari kepala BKKBN RI, Bahwa tahun ini harus benahi saka-saka semua, kita harapakan bahwa tahun 2020 kita ada aktivitas, ada kegiatan, jadi hari ini kita lantik pengurus baru saka kencana untuk Provinsi Papua, kita rencanakan Program pada 2020, sehingga saka di Kabupaten masih aktif kita bentuk sesuai harapan kakwarda, saka kencana di Kabupaten kita lakukan, sebagai PR bagi kami untuk kami lakukan,” tuturnya

Kakwarda Papua, Christina Luluporo, menyampaikan tugas Saka kencana pramuka kepada masyarakat.

Kakwarda Papua, Christina Luluporo, saat membawakan sambutannya. (Fransisca / LPC)

“Saka kencana merupakan kegiatan dan pendidikan untuk meningkatkan pengetahuan ketrampilan praktis dan bakti masyarakat dalam bidang keluarga berencana, keluarga sejahtera dan pengembangan Kependudukan,” katanya.

“Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok membina anak dan pemuda Indonesia agar menjadi tenaga kader pembangunan bermoral Pancasila yang kuat jasmani dan rohani,” pungkasnya. (Fransisca/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here