Dana Kesiapan Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Jayapura Capai Rp 600 Juta, Termasuk Cetak 2.000 Undangan

0
258
Suasana Kesiapan Ruangan Pelantikan 25 Anggota DPRD Kabupaten Jayapura. (Irfan/LPC)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Menjelang pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jayapura, Sekretariat DPRD akan mencetak 2.000 undangan. Berbagai persiapan dilakukan untuk kelancaran pelantikan dan pengambilan sumpah/janji caleg terpilih untuk menjadi anggota resmi DPRD Kabupaten Jayapura.

Sekretaris DPRD Kabupaten Jayapura,  Abdul Hamid Toffir, S.Sos., M.Ap., sat memberikan keterangan kepada media. (Irfan /LPC)

Sekretaris DPRD Kabupaten Jayapura,  Abdul Hamid Toffir, S.Sos., M.Ap., mengatakan, pihaknya akan menyiapkan 2.000 kartu undangan untuk para tamu yang akan diundang dalam pelantikan anggota DPRD Kabupaten Jayapura. Pelantikan rencananya, akan digelar pada tanggal 22 Oktober 2019.

“Kami rencanakan diatas 2.000-an orang yang akan datang dalam acara pelantikan. Sementara hari ini (kemarin) baru diproses undangannya untuk dicetak. Rencananya 2.000 undangan yang akan kita sebar, mulai dari para partai politik, BUMN, BUMD, OPD, Ormas, kepala kampung dan kelurahan, Bawaslu dan KPU. Pelaksanaan pelantikan akan kami tampilkan pertunjukan suling tambur dan paduan suara,” kata Abdul Hamid ketika dikonfirmasi wartawan disela-sela meninjau pengecatan ulang yang dilakukan oleh para staf Sekretariat DPRD Kabupaten Jayapura, Kamis (17/10/2019) kemarin siang.

Lebih lanjut Abdul Hamid Toffir, pada pelantikan 25 anggota DPRD Kabupaten Jayapura. Sebanyak 17 orang baru dan delapan (8) orang lama atau incumbent. Pada pelaksanaannya, bagi anggota yang sudah tidak terpilih lagi sebanyak 17 orang tetap akan diundang karena untuk menyaksikan masa peralihan mereka. “Bagi 17 anggota DPRD Kabupaten Jayapura yang tidak terpilih lagi tetap akan kita undang dalam acara,” ungkapnya.

Suasana Kesiapan Ruangan Pelantikan 25 Anggota DPRD Kabupaten Jayapura. (Irfan/LPC)
Suasana Kesiapan Ruangan Pelantikan 25 Anggota DPRD Kabupaten Jayapura. (Irfan/LPC)

Ketika ditanya mengenai anggaran yang dikeluarkan untuk proses pelantikan, Abdul Hamid menuturkan, dukungan anggaran yang disiapkan pihak Sekretariat DPRD Kabupaten Jayapura itu kurang lebih mencapai Rp 600 juta.

“Itu (anggaran) kurang lebih 600-an juta. Anggaran atau biaya terserap paling banyak untuk membiayai makan minum yang disiapkan bagi beberapa komponen yang hadir nanti pada saat pelantikan. Termasuk dalam pelaksanaan nanti akan dikemas sedikit berbeda dengan menghadirkan dan dimeriahkan oleh suguhan hiburan suling tambur dan juga paduan suara,” bebernya.

Dirinya menambahkan, pihak Sekretariat DPRD Kabupaten Jayapura bersama panitia kecil yang telah terbentuk saat ini jelang pelantikan terus lakukan pembenahan diberbagai sektor, mulai dari pembersihan gedung hingga melakukan pengecatan ulang tembok pada lingkungan gedung dewan.

“Persiapan lainnya itu kita telah bangun komunikasi dengan beberapa stokeholder jelang pelantikan. Baik itu, dari media massa seperti RRI, media elektronik lain maupun pihak dekorasi, juga dari pihak konsumsi serta pihak keamanan. Kita bersyukur semua komunikasi berjalan dengan baik,” terangnya.

Menyinggung soal keterlibatan pihak keamanan dalam mengamankan prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah janji bagi 25 anggota DPRD yang baru terpilih, Abdul Hamid Toffir mengemukakan, nantinya akan ada pengawalan khusus bagi Calon Anggota Legislatif (Caleg) terpilih mulai dari tempat penginapan hingga ke gedung DPRD.

“Sedangkan pengamanan didalam saat pelaksaan pelantikan akan didukung dari pihak Kepolisian dalam hal ini Polres Jayapura, TNI dan Satpol PP, termasuk anggota Brimob BKO yang sedang lakukan pengamanan di Kantor Bupati Jayapura,” paparnya.

Selain melakukan pembersihan untuk mempercantik gedung DPRD, kata Abdul Hamid Toffir, bahwa Sekretariat DPRD tkah menyiapkan papan nama bagi 25 anggota caleg terpilih, termasuk pin kehormatan bagi 25 anggota DPRD Kabupaten Jayapura dan juga kelengkapan lain seperti pakaian jas, yang akan dikenakan saat prosesi pelantikan serta pengambilan sumpah/janji. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here