Pemkab Jayapura Siap Gelar Pameran Budaya Peringati HUT Kebangkitan Masyarakat Adat ke – VI

0
485

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Pemerintah Kabupaten Jayapura akan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kebangkitan Masyarakat Adat (KMA) ke- VI Tahun 2019 dengan menggelar sejumlah kegiatan.

Selain sejumlah kegiatan, ada dua kegiatan yang besar dan menonjol yang akan dilaksanakan sebelum hari H pada puncak perayaan HUT KMA. Yakni, pameran budaya dan talk show.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung (DPMPK) Kabupaten Jayapura, Elisa Yarusabra, S.Sos, M.Si., saat diwawancara. (Irfan / lintaspapua.com )

 

“Jadi kedua kegiatan tersebut, yakni pelaksanaan pameran budaya dan acara diskusi atau talk show dengan melibatkan semua pemangku kepentingan,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung (DPMPK) Kabupaten Jayapura, Elisa Yarusabra, S.Sos, M.Si kepada wartawan saat ditemui di Halaman Parkir Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, kemarin.

Dikatakan, setelah dua kegiatan tersebut maka yang ketiga adalah perayaan puncak HUT KMA ke-VI tahun 2019 yang akan dilaksanakan pada tanggal, 24 Oktober 2019 dalam bentuk ibadah syukur di Lapangan Upacara Gunung Merah Sentani.

Disinggung mengenai apa saja yangakan di tampilkan saat pameran dan materi yang akan dibawakan dalam diskusi atau talk show, Yarusabra menyebutkan, pameran akan diisi dengan aksesoris budaya, ornamen-ornamen kebudayaan dari sembilang wilayah Dewan Adat Suku (DAS) dan benda-benda unik milik adat.

Sedangkan talk show akan diisi dengan pemaparan sejumlah materi yang berkaitan dengan kebangkitan masyarakat adat, dengan menghadirkan narasumber-narasumber berkompeten mulai dari kalangan akademisi hingga lembaga-lembaga non pemerintah yang bergerak di bidang adat istiadat.

“Kami juga berharap supaya ada dukungan dari pemerintah kampung, lembaga adat terutama pengurus DAS serta masyarakat adat guna mengsukseskan sejumlah agenda menjelang dan hari H pelaksanaan HUT KMA ke-VI tahun 2019 mendatang,” ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, kesiapan lain dalam menunjang pelaksanakan HUT KMA ke-VI telah dilakukan oleh pihaknya bersama dewan adat suku. Sehingga dirinya memastikan bahwa HUT KMA tahun ini akan berlangsung dengan baik dan sukses.

“Imbauan dan ajakan kepada masyarakat di kampung-kampung telah kami sampaikan. Kami perkirakan pada hari H perayaan HUT KMA ke-VI ribuan masyarakat dapat hadir mengikuti perayaan HUT KMA tersebut,” ucap Elisa optimis. (Irf /LPC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here