19 Kampung di Keerom Bakal Gelar Pilkampung Serentak Akhir Bulan ini

0
450
Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Keerom, Triwarno Purnomo, SSTP, M.Si. (Arief /LPC)

KEEROM (LINTAS PAPUA) – Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Kampung (DPMK) Kab. Keerom, Triwarno Purnomo, SSTP, MSi, mengemukakan bahwa Pemkab Keerom bakal menggelar Pemilihan Kepala Kampung Serentak pada akhir bulan ini.

‘’Tepatnya pada tanggal 29 Oktober nanti, sebanyak 19 kampung bakal menggelar pemilihan kepala kampung serentak. Sebenarnya rencana awal sebanyak 20 kampung, namun kampung Yammua masih cukup dijabat Plt. sehingga hingga saat ini kita jadwalkan 19 kampung tersebut,’’ungkapnya kepada LPC di Kantornya belum lama ini.

Ia menambahkan bahwa ke-19 kampung tersebut ada di Distrik Waris sebanyak 5 kampung yaitu (Kampung Ampas, Yuwainda, Kalimo, Pund, Kalifam), Distrik Arso (Yamta dan Kwimi), Distrik Arso Barat (Ifia-fia dan Warbo), Senggi (Molof), Skanto (Naramben, Skanto, Intaimelyan, Wiantre dan Arsopura), Mannem (Yamara), Yaffi (Yabanda), Kaisenar (Wonam) dan Sawabum.

Pada kesempatan itu  ia juga menjelaskan bahwa saat ini pihak kampung yang bakal menggelar Pilkampung telah mulai membentuk panitia pemilihan. ‘’Hingga hari ini, sudah ada 5 kampung yang menyampaikan telah atau sedang membentuk panitia pemilihan kepala kampung,’’ungkapnya lanjut.

Namun ia mengakui bahwa pihak kampung sampai saat ini belum menerima jawaban terkait pendanaan yang diperlukan panitia pemilihan kepala kampung. Namun demikian ia mengapresiasi telah ada kampung yang telah memulai tahapan dengan pembentukan panitia pemilihan, meskipun diakuinya kebanyakan masih menggunakan dana swadaya mandiri desa.

‘’Saya tak ingin memberikan janji-janji saja, namun kami dari DPMK telah menyampaikan kepada Bupati Keerom tentang kebutuhan dana pemilihan kampung. Namun kita diberi jawaban bahwa hal tersebut masih dibahas di tingkat kabupaten sehingga kami minta pihak kampung untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dana masing-masing kampung. (arief/LPC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here