Mengejar Mahkota Abadi Sebagai Ukuran Kesuksesan Sejati Bagi Orang Perca

0
356

Baca: 1 Korintus 9:24-27

“Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi.” (1 Korintus 9:25)

Seorang atlet yang berhasil menjadi juara dalam suatu kejuaraan bukanlah seorang atlet yang hanya bersantai dan bermalas-malasan dalam latihan. Demi memperoleh mahkota kemenangan ini ada harga yang harus dibayar oleh seorang atlet: berlatih keras, patuh pada instruksi pelatih, menjaga pola makan dan memiliki kedisiplinan tinggi. Mahkota kemenangan bagi seorang atlet adalah piala, medali, bonus uang, dan popularitas!

Rasul Paulus menggambarkan bahwa kehidupan rohani pun seperti suatu kejuaraan olahraga. Yang membedakannya adalah hal mahkota. Dalam pertandingan iman, setiap kita berjuang untuk mendapatkan mahkota yang abadi; dan untuk mendapatkan mahkota yang abadi itu ada harga yang harus dibayar juga! Karena itu “…aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.” (1 Korintus 9:27).

Tuhan rindu memberkati anak-anak-Nya di segala bidang yang ditekuninya dan Ia berjanji untuk menambahkan semua berkat itu jika kita mau mendahulukan Dia dan kebenaran-Nya (baca Matius 6:33). Namun ukuran kesuksesan sejati orang percaya bukanlah berkenaan dengan berkat-berkat materi (kekayaan, pangkat atau ketenaran), melainkan sebuah mahkota abadi yang akan Tuhan berikan kelak.

Rasul Paulus harus mengalami penderitaan demi melayani Tuhan, bahkan pada masa tuanya ia harus sendirian berada di penjara dan akhirnya meninggal dipancung. Menurut ukuran dunia ia bukanlah orang yang sukses. Tetapi menjelang akhir hidup Paulus dengan rasa bangga berkata, “Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman.” (2 Timotius 4:7).

Mahkota abadi adalah ukuran kesuksesan yang sejati bagi orang percaya !  (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here