BKSDA Papua Evaluasi Rencana Pengelolaan Cagar Alam dan Taman Wisata Alam

1
667

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Sekitar enam puluh orang memadati ruang Lantai tiga Horizon Hotel Kotaraja Jayapura, menghadiri undangan dari Balai Besar

Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) bekerjasama dengan USAID Lestari dan dinas terkait serta pengelola cagar alam/ taman wisata alam melakukan kegiatan penilaian efektifitas pengelolaan kawasan konservasi, mengadopsi tool Management Effectiveness Tracking Tools (METT) sebagai kerangka untuk menilai kinerja pengelolaan cagar alam selama dua hari. Selasa (24/9/2019).

Kepala Balai Besar KSDA Papua, Edward Sembiring, S.Hut. M.Si. saat memberikan keterangan. (Fransisca / lintaspapua.com)

Kepala Balai Besar KSDA Papua, Edward Sembiring, S.Hut. M.Si.  mengatakan, bahwa tahun ini menerapkan METT pada 6 kawasan dengan data fakta yang ada.

“Management Effectiveness Tracking Tools (METT) itu sudah di terapkan Kementrian sebagai tools untuk mengukur efektifitas pengelolaan dari kawasan konservasi,” katanya.

“Target kita untuk tahun ini, ada 6 kawasan konservasi yang di nilai efektifitasnya termasuk kita cagar alam pegunungan Cycloop, taman wisata alam Teluk Yotefa, wisata alam Nabire, cagar alam Tanjung Wiay cagar alam Yapen tengah, cagar alam Supiori. Tadi saya bilang jujur artinya tidak membutuhkan skor yang tinggi, tapi saya butuh data fakta yang real,” tuturnya

 

Setelah itu Edward menegaskan tujuan kegiatan hasil dari evaluasi merupakan rujukan/pertimbangan untuk mengambil kebijakan dalam perencanaan pengelolaan Cagar Alam dan Taman Wisata Alam.

 

“Tujuan dari penilaian ini menjadi salah di satu pertimbangan intervensi, agar pertimbangan kebijakan yang akan di ambil atau lakukan satu sampai dua tahun ke depan, sehingga penilaian yang ada di lapangan kami berharap bisa menyentuh apa yang di harapkan, supaya data faktual yang kita dapatkan, berapapun skornya itulah jadi PR kami nanti untuk memperbaiki,” pungkasnya. (Fransisca/lintaspapua.com)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here