Bappenda Kabupaten Jayapura Dukung Kegiatan Bersih-bersih K3

0
177
Foto bersama Kepala Bappenda Kabupaten Jayapura, Theopilus Hendrik Tegay dan Kepala Dinas TPH Kabupaten Jayapura Adolf Yoku bersama para pengurus dan anggota K3 maupun Brigade Manguni. (Irfan /LPC)

SENTANI (LINTAS PAPUA)  –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Badan Pengelola dan Pendapatan Daerah (Bappenda) mendukung kegiatan bersih-bersih sekaligus penanaman papan peringatan ‘Dilarang Membuang Sampah di Sungai atau Kali’ oleh Kerukunan Keluarga Kawanua (K3) melalui organisasi sayapnya Brigade Manguni.

Aksi tersebut dilakukan oleh puluhan anggota Brigade Manguni K3 yang berseragam hitam merah dibawa pimpinan pengurus K3 Kabupaten Jayapura, di sepanjang Kali Wawung, Kampung Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Sabtu (21/09) pekan kemarin.

Kepala Bappenda Kabupaten Jayapura, Theopilus Hendrik Tegay usai menyerahkan secara simbolis papan peringatan kepada pengurus K3 mengatakan, dirinya mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura mengucapkan terima kasih dan juga memberi apresiasi yang tinggi kepada K3 melalui Brigade Manguni yang melakukan kegiatan bersih-bersih tersebut.

“Apalagi aksi atau kegiatan itu dilakukan dalam rangka mendukung sejumlah kebijakan pemerintah daerah, diantaranya kebijakan mengenai Kabupaten Jayapura menuju Go Adipura 2019 dan pelaksanaan iven Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 nanti,” ujar Theopilus Hendrick Tegay.

Pria yang akrab disapa Theo ini menerangkan, pada dasarnya tanggung jawab menjaga kebersihan dan keindahan Kota Sentani dan sekitarnya bukan saja menjadi tanggung jawab pemerintah semata. Namun menjadi tanggungjawab bersama, termasuk masyarakat.

Menurutnya, apa yang dikerjakan oleh K3 melalui Brigade Manguni menjadi sebuah langkah konkrit terkait keterlibatan warga masyarakat, baik penduduk asli tetapi juga penduduk pendatang yang telah hidup dan beraktivitas, yang telah menjadi bagian dari masyarakat Kabupaten Jayapura.

“Semoga apa yang dilakukan oleh K3 ini menjadi motivasi bagi sejumlah paguyuban, ikatan atau kerukunan masyarakat lain di daerah ini agar tergugah untuk melakukan aksi serupa dalam menjaga kebersihan kota dan keseimbangan lingkungan,” harpnya.

Ditempat yang sama, Ketua Kerukunan Keluarga Kawanua (K3) Kabupaten Jayapura, James Stenly Tewal menerangkan, pihak sebagai bagian dari masyarat dan pemerintah di daerah ini merasa bertanggungjawab menjaga kebersihan dan keindahan kota.

“Kami telah merencanakan aksi ini sudah lama, namun baru dilaksanakan kali ini. Kami berterima kasih juga kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura yang mana melalui Bappenda memberikan dukungan terhadap pelaksanaan aksi ini,” ucapnya.

Tewal menambahkan, kerja-kerja kebersihan seperti yang dilakukan pihaknya merupakan bagian dari bukti keterlibatan masyarakat secara keseluruhan dalam mengsukseskan kebijakan pemerintah daerah, termasuk Go Adipura 2019 dan PON XX tahun 2020.

“Kami mengajak kepada semua masyarakat di daerah ini, terutama paguyuban-paguyuban yang ada untuk kedepan boleh terlibat dalam aksi-aksi sebagaimana yang telah kami lakukan ini, supaya komitmen mengejar Kabupaten Jayapura menuju go adipura dan PON XX Tahun 2020 dapat boleh terlaksanan dengan sukses,” pungkasnya. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here