JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Komitmen Presiden Joko Widodo menyelesaikan Proyek Palapa Ring di Bumi Cenderawasih, mendapatkan apresiasi dari  Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon, ST.

Hal ini disampaikan kepada dalam sebuah diskusi bersama sejumlah media, Minggu, 22 September 2019 di Kota Jayapura, sekaligus dirinya menjelaskan, bahwa dengan adanya proyek Palapa Ring di Papua dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan akses internet yang lebih murah dan terjangkau.

 

“Kami berikan apresiasi, seklaigus ingin menyampaikan bahwa di Papua perlu menyiapkan sumber daya manusia hyang lebih baik, agar dapat menyambut Proyek Palapa Ring, sebab jika kita tidak siapkan diri baik, tentu akan tergilas dengan proyek Palapa Ring,” ujar  Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon, ST., kepada media di Jayapura, Minggu, 22 Septermber 2019.

 

Dijelaskan, bahwa Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36.000 kilometer. Proyek itu terdiri atas tujuh lingkar kecil serat optik (untuk wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua, Sulawesi, dan Maluku) dan satu backhaul untuk menghubungkan semuanya.

 

“Tentunya untuk Papua sangat baik sekali, sebab pada saat  ini akan mengalami pertumbuhan era digital. Tentunya bisa melahirkan generasi muda Papua yang lebih memahami dunia Teknologi Informasi,” jelasnya.

 

Alumni Universitas Sain dan Teknologi Jayapura ini menyatakan, bahwa Papua merupakan pintu masuk kawasan Asia Pasifik, sehingga Pemerintah harus bisa lebih serius memajukan perkembangan dunia teknologi informasi, kalau tidak pasti akan tertinggal, Tentunya dengan  hall ini akan memberikan maaf internet murah, bahkan bsia melahirkan e – commerce dan start up – star up baru bagi anak – anak Papua.

 

Sebagaimana diketahui, Palapa Ring Paket Timur menjangkau 35 kota/kabupaten yang tersebar mulai dari Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua, dan Papua Barat.

Untuk menghubungkan 35 kota/kabupaten ini, setidaknya kabel serat optik sepanjang 8.454 kilometer digelar oleh PT Palapa Timur Telematika selaku konsorsium pemenang lelang yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Terkait 8.454 kilometer ini sudah mencakup penggelaran kabel darat, kabel laut, dan radio microwave.

Dari informasi yang dihmpun media ini, bahwa Palapa Ring paket timur telah memasuki tahap penggelaran perdana kabel serta optik bawah laut sekitar 4.500 kilometer, di mana sebelumnya untuk kabel darat sudah dilakukan oleh PT Palapa Timur Telematika. Penggelaran kabel serat optik bawah laut perdana ini dilakukan di Teluk Bintuni, Papua Barat.

Seluruh proses penggelaran kabel laut Palapa Ring Timur akan dilakukan menggunakan 3 (tiga) kapal, yaitu Nostag 10, Pacific Guardian, dan Teliri.

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon, ST., dalam sebuah keterangan. (Eveerth Joumilema / lintaspapua.com)

“Nantinya akan diresmikan oleh Presiden Jokowi, sehingga masyarakat Papua, terutama anak – anak muda Papua harus bisa merespon secara baik dan bisa memberikan manfaat dengan adanya pembangunan Palapa Ring di Negeri Cenderawasih,” harap pria asal Lembah Grime Nawa ini.

Ditambahkan, kalau proyek Palapa Ring akan diresmikan Presiden Jokowi di salah satu daerah di Papua, sehinga mari kita siapkan Sumber Daya Manusia baik, agar kita juga siap memanfaatkan fasilitas ini untuk membangun ekonomi dan memberikan manfaat dalam aktivitas keseharian.  (Eveerth Joumilena / lintaspapua.com)