JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Ternyata, hujan tak menyurutkan niat untuk olahraga bersama TNI-Polri hari ini di Lapangan Silas Papare Makodam XVII/Cenderawasih.

Kegiatan yang diikuti bersama 1.620 anggota TNI-Polri, dilaksanakan pada Jumat (20/09/2019). Olahraga bersama bertujuan untuk memelihara kekompakan dan sinergitas antara institusi TNI dan Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Jayapura dan Papua umumnya.

Walaupun cuaca hujan, kegiatan olahraga bersama TNI – POLRI tetap berlangsung meriah dan bersemangat. Suasana penuh keakraban dan kebersamaan tampak terlihat dari para prajurit TNI dan Polri. Tidak tampak raut lelah di wajah mereka walaupun telah hampir satu bulan para personel TNI-Polri bekerja keras untuk menciptakan kondusifitas di tanah Papua pasca aksi kerusuhan yang terjadi di beberapa kota di Provinsi Papua beberapa waktu lalu.

“Setelah kita semua banyak memeras keringat, memeras otak untuk mengamankan Tanah Papua, hingga hari ini situasi cukup kondusif dan suasana yang ada saat ini adalah kontribusi dari rekan-rekan TNI dan Polri, karena tanpa aparat keamanan yang mengamankan situasi, maka ceritanya akan lain,” jelas Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf A. Rodja saat memberikan sambutan.

Kapolda juga berpesan agar prajurit TNI – Polri selalu mengedepankan pendekatan persuasif tanpa mengurangi ketegasan saat bertugas mengamankan aksi-aksi demonstrasi yang berpotensi menimbulkan gangguan ketertiban masyarakat.

“Ini menjadi tanggung jawab dan tugas kita bersama dalam mengamankan tanah Papua. Saya berharap kita yang ada disini tidak melakukan hal-hal yang merugikan negara, satuan dan merugikan masyarakat”.

Sementara itu, Kasdam yang mewakili Pangdam XVII/Cenderawasih berharap kegiatan olahraga bersama seperti ini diharapkan dapat mempererat silaturahmi antara TNI-Polri, sehingga menumbuhkan sinergitas dalam kebersamaan dan persahabatan dalam rangka mendukung tugas dalam menjaga ketertiban, keamanan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolda Papua Brigjen Pol Drs. Yakobus Marjuki, Pejabat Utama Polda Papua, Pejabat Utama Kodam XVII Cenderawasih, Perwakilan perwira dan anggota tiap satker Polda Papua, Perwakilan anggota Brimob, Anggota TNI, Kepala Bank BI, BNI, BRI, Mandiri dan Papua. (Otentifikasi : Letkol CPL Eko Daryanto (Kapendam XVII/Cenderawasih)