KEEROM (LINTAS PAPUA)  – Bupati Keerom, Muh. Markum, SH, MH, MM, dan jajaran melakukan sosialisasi tanaman sereh wangi kepada kelompok-kelompok tani yang ada di Keerom. Kegiatan yang dilakukan di Kantor Penyuluh Pertanian di Kampung Yammua, Arso VI, pada Kamis (5/9/2019) kemarin.

Bupati Keerom, Muh. Markum, SH, MH, MM,  bersama masyarakat dalam suasana sosialisasikan Budidaya Sereh Wangi. (Arif/ LPC))

Pada kesempatan tersebut, Bupati Keerom, mengemukakan bahwa tanaman sereh waangi memang tanaman yang perlu untuk dibudidayakan di Keerom. Karena menurutnya, banyak kelebihan yang dimiliki tanaman sereh wangi, sehingga layak untuk dibudidayakan oleh para petani di Keerom.

‘’Tanaman sereh adalah tanaman yang memiliki nilai ekonomis, juga mudah penanaman dan perawatannya. Dengan kondisi daerah Kabupaten Keerom yang memiliki luas areal pertanian dan perkebunan, maka tanaman sereh wangi ini adalah peluang bagi masyarakat Keerom untuk membudidayakannya,’’ungkapnya.

Pemerintah Kabupaten Keerom, menurutnya, akan berupaya mendukung para petani agar budidaya sereh wangi bisa berjalan baik sehingga meningkatkan ekonomi masyarakat petani yang ada di Keerom. ‘’Kami akan sisihkan dana APBD untuk kegiatan budidaya ini baik dari persiapan, penanaman hingga panen dan pasca panen,’’lanjutnya.

Sedangkan sebagai pemateri, Halim, pada kesempatan tersebut mengemukakan banyak kelebihan tanaman sereh wangi sehingga perlu dibudidayakan.

‘’Tanaman ini mudah penanamannyaa, bahkan bisa dibilang sekali tanam bisa untuk selamanya. Jadi sangat mudah perawatannya, nilai ekonomisnya tinggi, karena tanaman ini yang dipanen adalah daunnya, sehingga tanaman memiliki usia produktif cukup panjang. Dan tanaman ini sangat dibutuhkan untuk industry kecantikan, pengobatan dan lainnya sehingga memiliki nilai jual yang bagus,’’paparnya.

Para pimpinan OPD yang turut menghadiri kegiatan sosialisasi tersebut diantaranya Kepala Bappeda Keerom, Agus Salim, Kadinas Pertanian dan Perikanan Keerom, Sunar, Kadinas Perhubungan, Irwan, dan pimpinan OPD lainnya. Sementara para peserta terdiri dari para penyuluh tani petani dari perwakilan beberapa kelompok tani yang ada di Distrik Arso, Arso Barat, Skanto dan Mannem.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Keerom, Sunar SP, pada kesempatan tersebut mengemukakan bahwa para penyuluh pertanian berterkad untuk menyukseskan penanaman dan budidaya tanaman sereh wangi di Kabupaten Keerom.

‘’Dari peserta kegiatan kali ini, para perwakilan kelompok tani dan penyuluh pertanian telah menyampaikan dukungan dan siap untuk bekerja menyukseskan budidaya tanaman sereh wangi di Keerom,’’ujarnya. (Arif / lintaspapua.com)