Tokoh Agama Menjadi Nomor Satu Dalam Mendinginkan Situasi Papua

0
225

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Kapolri Jenderal Tito Karnavian berpendapat peran tokoh agama sangat penting dalam struktur kehidupan masyarakat Papua terutama dalam mendinginkan situasi pasca demo yang anarkis beberapa waktu lalu di kota Jayapura.

Menurutnya, di sini (Papua) yang pertama kali di dengar masyarakat adalah tokoh agama, itu di dengar sekali. ” Jadi yang pertama kalau di Papua peran dari tokoh-tokoh agama itu di nomor satukan, mungkin yang nomor dua oleh Gubernur, Wali kota Bupati yang tiga mungkin ketua adat,” kata Kapolri dalam acara tatap muka Panglima dan Kapolri bersama tokoh-tokoh lintas agama dalam rangka menjaga papua tanah damai, di Jayapura, 6 september 2019.

Untuk itu, dalam kesempatan ini Kapolri mengaharapkan betul peran dari pada tokoh agama untuk menjadi faktor pendingin dalam situasi seperti ini.

Kapolri menegaskan, personil TNI maupun Polri yang saat ini ada di Papua (Jayapura) bisa ditarik besok asalkan peran dari semua tokoh agama mengambil alih peran TNI dan Polri.

“Kita yakin kalau bapak-bapak (tokoh agama) turun dan bisa memegang umat masing-masing ya kelompok yang memprovokasi gigit jari,” katanya.

Ia juga berharap,  para tokoh agama dapat bekerja mendinginkan umat masing-masing sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. (Gracio/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here